Paul Hirschson: Hamas Mengerikan Bagi Bangsa Palestina

“Semua orang baik di dunia ini, khususnya penduduk Israel dan Palestina, ingin Hamas kalah.”

Paul Hirschson, juru bicara Kemnterian Luar Negeri Israel.

Perang terus berlanjut di Jalur Gaza. Di pekan keempat ini lebih dari 1.110 warga Gaza terbunuh akibat gempuran Israel dan hampir lima ribu lainnya cedera. Meski Hamas mengklaim telah membunuh lebih dari seratus tentara Israel, namun kubu negara Zionis itu menyatakan baru 53 serdadu mereka terbunuh.

Upaya-upaya pelbagai pihak mendesak Hamas dan Israel gencatan senjata belum menemui hasil. Sebab, Israel menolak syarat pencabutan blokade atas Gaza diajukan Hamas.

Berikut penjelasan juru bicara kementerian Luar Negeri Israel Paul Hirschson saat dihubungi Faisal Assegaf dari Hamaslovers melalui WhatsApp Sabtu pekan lalu.

Hamas meminta blokade atas Gaza dicabut sebagai syarat gencatan senjata. Apakah Israel akan menerima tuntutan itu?

Saya ingin mengingatkan Anda, tidakada blokade terhadap Gaza. Gaza terbuka buat ekspor. Memang ada pembatasan sangat ketat untuk impor dan apa-apa yang kami lihat terlalu bebas karena mereka (Hamas) telah menginvestasi lebih dari US$ 1,2 miliar untuk membangun terowongan, bukannya rumah sakit, sekolah, atau fasilitas umum lainnya.

Tapi kan blokade darat, laut, dan udara sudah berlaku di Gaza sejak 2007 dan status ini diakui secara internasional?

Tidak. Hanya blokade laut dilakukan secara sah oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) karena ancaman Hamas. Tidak ada blokade darat walau terdapat sejumlah pembatasan amat ketat atas impor melalui Israel.

Jangan lupa, Gaza juga berbatasan dengan Mesir. Israel tidak bisa menerapkan blokade darat terhadap Gaza.

Bukankah ada pembatasan sangat ketat terhadap mbilisasi orang lewat perlintasan Erez?

Selama 18 hari perang berlangsung, hampir tiga ribu orang sudah melintas. Wartawan, pekerja PBB, relawan bantuan kemanusiaan lainnya, dan korban luka untuk mendapat perawatan.

Sangat banyak orang Palestina dari Gaza dan Tepi Barat datang bekerja di Israel. memang benar ada pengetatan untuk masuk ke dalam wilayah Israel tapi ini demi alasan keamanan. Kami tidak dapat memperketat perlintasan antara Gaza dan Mesir.

Jadi menurut Anda, mesir ikut bertanggung jawab atas banyaknya korban sipil lantaran mereka tidak mau membuka gerbang Rafah untuk pengungsi?

Tidak. Tanggung jawab soal korban sipil di pundak Hamas. Mereka mengakibatkan tragedi ini berlaku. Kami katakan dengan jelas, kami tidak ingin berperang. Hamas menolak seruan kami untuk menciptakan ketenangan dibalas dengan kedamaian.

Hamas ingin membunuh warga sipil Israel karena kebencian. Mereka memamaki penduduk sipil Palestina sebagai perisai sehingga orang paham mereka juga mau warga sipil Palestina terbunuh. Alhasil, mereka mampu melancarkan perang opini publik terhadap Israel.

Namun bangsa Palestina di Gaza dan Tepi Barat memang dijajah Israel. Jadi mereka berhak melawan dengan segala cara?

Tidak ada penjajahan di Gaza. Israel mundur dari sana pada 2005 dengan harapan mereka bakal membangun Gaza seperti Dubai. Tapi mereka malah memilih berinvestasi dalam persenjataan. Klaim Gaza mengalami penjajahan sama sekali tidak benar.

Mengenai Tepi Barat, sejak Perjanjian Oslo, Palestina menguasai sepertiga wilayah Tepi Barat dan sisanya dikuasai Israel. Isu-isu penting telah disepakati akan diselesaikan lewat perundingan bukan dengan cara kekerasan. Hamas adalah ganjalan terbesar bagi penyelesaian damai atas perbedaan di antara kedua pihak bertikai.

Sebanyak 40 tentara Israel terbunuh dan satu ditawan Hamas. Apakah ini berarti Israel sudah kalah meski perang belum habis?

Memang 40 serdadu Israel tewas tapi tidak ada yang ditawan. Ini kerugian sangat besar tapi Hamas juga sangat terpukul. Lebih dari 300 anggota mereka tewas, setengah persenjataan mereka hancur, dan 30-40 terowongan sudah dilenyapkan. Sampai sekarang militer Israel masih terus menghancurkan terowongan-terowongan.

Tapi saya mendapat informasi dari pejabat Hamas, mereka telah menangkap prajurit Israel bernama Shaul Oron?

Ini contoh lain dari kebohongan Hamas. Anda akan tahu lebih banyak lagi seiring waktu berjalan.

Maksud Anda Shaul Oron termasuk dalam 40 tentara Israel tewas?

Ya, dia salah satu dari prajurit Israel terbunuh. Menyedihkan.

Kapan Israel bakal memberlakukan gencatan senjata sepihak?

Israel ingin memastikan tidak ada lagi ancaman aktif terhadap masyarakat israel. Jika situasi itu sudah tercipta, hubungan lebih normal dengan penduduk Gaza bisa diwujudkan.

Artinya Israel mesti melenyapkan Hamas dari Gaza?

Mungkin saja, tapi bisa saja Hamas mengakui Israel dan menolak kekerasan. Atau kami bisa mencapai sebuah penyelesaian diplomatik atau militer di mana Hamas tidak akan dan takkan mampu mengancam Israel.

Bagaimana mungkin bisa mewujudkan gagasan Hamas tanpa senjata?

Tanya ke pihak Uni Eropa. Mereka menyatakan pekan ini, Hamas dan kelompok teror lainnya harus dilucuti persenjataan mereka. Saya kira kami harus melenyapkan persenjataan mereka.

Apakah menurut Anda membiarkan Gaza menjadi negara berdaulat, terpisah dari Tepi Barat, solusi terbaik?

Saya pikir sekarang ini kami perlu memusatkan perhatian pada bagaimana mengakhiri ancaman terhadap rakyat Israel. kemudian kami akan mencari cara untuk mengembalikan Palestina ke meja perundingan.

Bentrokan sudah menyebar ke seantero Tepi Barat. Apakah Anda melihat intifadah ketiga akan datang?

Saya harap tidak. Hamas emamg ingin menghasut kekerasan di Tepi Barat. Ini adalah kegagalan dari perjanjian rekonsiliasi Abbas dengan Hamas seharusnya dia akhiri.

Apakah Anda kecewa Dewan Hak Asasi PBB meluncurkan tim penyelidik untuk menginvestigasi dugaan kuat kejahatan perang dilakukan Israel?

Itu bukan kejutan. Dewan Hak Asasi PBB berisiko lebih mempermalukan diri mereka sendiri ketimbang sebelumnya. Militer Israel melancarkan serngan seratus persen sejalan dengan hukum kemanusiaan internasional. Kami memperkirakan hasil penyelidikan mereka bakal berakhir dengan kesimpulan Hamas telah melakukan kejahatan perang.

Situasinya mirip dengan sehabis perang 2009. Amerika memveto hasil laporan Komisi Goldstone menyimpulkan Israel dan Hamas telah melakoni kejahatan perang. Apakah Amerika akan mengambil posisi serupa kali ini?

Saya tidak ingat jelas tapi saya kira Amerika tidak memveto laporan Goldstone. Saya kkira laporan itu tidak pernah dibawa ke Dewan Keamanan karena Goldstone, sehabis laporan itu dilansir, meminta maaf dan menyebut laporan itu semuanya sampah. Ini yang saya maksud Dewan Hak Asasi Manusia PBB akan lebih mempermalukan diri mereka sendiri kali ini.

Israel bantah melakukan kejahatan perang, tapi sebagian besar dari seribu lebih korban terbunuh di Gaza adalah warga sipil?

Sejauh ini angkanya belum jelas tapi memang benar ada begitu banyak korban orang sipil dan ini adalah tragedi besar. Sejarah akan menilai sangat buruk terhadap Hamas sebab menolak seruan Israel selama tiga pekan untuk menciptakan ketenangan dari 12 Juni hingga 7 Juli ketika Hamas dan kelompok teror lainnya menembakkan roket ke arah penduduk sipil Israel.

Israel mengatakan secara terbuka dan lewat saluran tertutup, mereka tidak ingin berperang. Tanggung jawab atas kematian warga sipil ini berada di pundah Hamas. Dalam kenyataan tragis ini kami belum tahu siapa telah dibunuh oleh pasukan Israel dan siapa menjadi korban tembakan Hamas. Kami tidak pernah tahu faktanya tapi yang jelas Hamas menginginkan warga sipil terbunuh untuk menciptakan opini publik anti-Israel.

Empat bocah tewas di pantai akibat serangan udara Israel. Apakah Israel akan menyelidiki kasus-kasus semacam itu?

Israel akan menyelidiki seluruh kasus seperti itu. Foto-foto tewasnya empat bocah malang itu sungguh menyayat hati. karena itulah kenapa Israel tidak ingin berperang. Adalah sebuah aib Hamas telah menolak tiga usulan gencatan senjata disampaikan Mesir, PBB, dan Palang Merah Internasional.

Tapi proposal gencatan senjata itu cuma menguntungkan Israel?

Jika Anda maksud situasi sama-sama menguntungkan bagi rakyat Israel dan Palestina, itu adalah hal penting dan perlu kita wujudkan. Namun bila itu merujuk pada Israel dan Hamas, tidak ada orang cinta perdamaian di dunia ini mau itu tercipta. Semua orang baik di dunia ini, khususnya penduduk Israel dan Palestina, ingin Hamas kalah. Hamas mengerikan bagi bangsa Palestina.

Apakah Anda mengakui dalam perang kali ini Hamas makin kuat dan kian cerdas?

Kami tidak kaget. Informasi intelijen kami benar-benar akurat. Kami sudah tahu senjata Hamas makin canggih dan kami telah memperkirakan bakal kesulitan menghadapi mereka. mereka kini sudah melemah. Hamas tidak pernah cerdas. Kebencian dan kemarahan tidak pernah melahirkan kebijakan pintar.

Mantan bos Mossad bilang Efraim Halevy bilang Hamas bukan pilihan terburuk karena ISIS bisa menjadi ancaman terbesar bagi Israel. Apakah Anda setuju dengan komentarnya?

Saya pikir tidak ada perbedaan besar antara ISIS, Hamas, Boko Haram, atau Asysyabab. Hanya karena mereka sedikit lebih buruk bukan berarti Anda harus eranjang dengan iblis.

Apakah Anda yakin suatu hari nanti Hamas bisa berubah menjadi kelompok moderat dan kompromis seperti Fatah?

Segala sesuatunya mungkin saja terjadi. Masyarakat internasional sudah menyatakan Hamas mesti mengakui Israel, menghentikan kekerasan, dan menerima semua perjanjian telah diteken. Kayaknya itu tidak mungkin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s