Ahmad Yusuf: Hamas Telah Tewaskan Lebih Dari 52 Tentara Israel

“Kami juga menawan satu prajurit Israel bernama Shaul Oron.”

Sisa-sia dari pertempuran sengit di Shijaiyah, timur Kota Gaza, Ahad, 20 Juli 2014.

Salah satu pentolan Hamas, yakni Ahmad Yusuf, penasihat Ismail Haniyah, akhirnya berhasil saya hubungi melalui telepon selulernya. Dia mengaku bersembunyi di sebuah lokasi dirahasiakan.

“Faisal, saya tidak bisa mengobrol panjang dengan kamu,” kata Ahmad Yusuf saat dihubungi melalui telepon selulernya hari ini. “Situasi tempat di mana saya berdiri sangat berbahaya dan baterai saya juga mau habis.”

Dia membenarkan Brigade Izzudin al-Qassam (sayap militer Hamas) telah menawan satu prajurit Israel bernama Shaul Oron. Dia ditangkap dalam pertempuran di Shijaiyah, timur Kota Gaza, Ahad pekan lalu. Baku tembak di daerah itu menewaskan lebih dari seratus warga Gaza.

Ahmad Yusuf membantah berita kebanyakan media Barat menyebut baru 29 serdadu negara Zionis terbunuh. Menurut dia, Hamas telah membunuh lebih dari 52 tentara Israel dan melukai ratusan lainnya.

Berikut penjelasan Ahmad Yusuf kepada Faisal Assegaf dari Hamaslovers.

Apa benar Hamas telah menawan satu tentara Israel?

Benar, Brigade Al-Qassam telah menawan satu serdadu Israel. Pihak militer Israel juga sudah mengumumkan mereka telah kehilangan seorang prajurit dan dia sudah ditawan oleh Hamas.

Siapa namanya?

Shaul Oron.

Di mana dan kapan dia ditangkap?

Shaul Oron ditangkap dalam pertempuran di Shijaiyah Ahad pekan lalu. Dalam sebuah penyergapan, pasukan brigade Izzudin al-Qassam berhasil membekuk dia dan kini ditawan di sebuah tempat di Gaza. Mereka juga menewaskan 14 tentara Israel lainnya. Pertempuran saat itu merupakan baku tembak paling berdarah sejak invasi berlangsung.

Apakah ditawannya satu prajurit Israel merupakan pukulan telak buat mereka?

Ini benar-benar pukulan telak mendarat di wajah Israel yang arogan. Lewat serangan udara, kapal perang, dan artileri, Israel memang telah membantai rakyat kami. Tapi di medan pertempuran darat, sudah banyak tentara Israel tewas dan cedera. Alhamdulillah, kami berada di atas angin dan dalam jalur kemenangan.

Israel mengklaim 29 tentaranya terbunuh. Berapa angka versi Hamas?

Hamas telah menyebut sudah lebih dari 52 tentara Israel tewas dan ratusan lainnya cedera. Ini diakui pula oleh sumber-sumber yang tahu dengan operasi militer Israel dan pihak-pihak rumah sakit di negara itu.

Tapi kenapa Israel menyebut baru 29 serdadu tewas?

Ini bagian dari propaganda Israel. Mereka harus mengurangi angka jumlah korban tewas di pihak mereka untuk menjaga semangat pasukan dan rakyat Israel. Yang pasti, Israel benar-benar mengalami pukulan telak.

Perlu diingat pula, pertempuran darat masih berlangsung di sekitar perbatasan, belum  masuk hingga ke pusat Gaza.

Apakah menggunakan terowongan benar-benar strategi jitu menghadapi pasukan israel dalam pertempuran darat?

Memang benar, lebih dari 52 tentara Israel itu tewas dalam pertempuran jarak dekat. Kami memang memakai terowongan-terowongan tembus hingga ke wilayah Israel untuk menyergap mereka. Strategi semacam ini pernah dipraktekkan di vietnam dan berhasil.

Jadi jaringan terowongan telah dibangun Hamas di seantero Gaza sangat membantu menghadapi pasukan Israel?
Hamas benar-benar siap menghadapi pertempuran darat dengan pasukan israel. Kami akan terus berjuang dan insya Allah telah berada di jalur kemenangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s