Ayelet Shaked: Kami ingin meleburkan kelompok Yahudi sekuler dan ortodoks

Partai Habayit Hayehudi tidak menyokong solusi dua negara buat menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

Ayelet Shaked

Dalam sejumlah jajak pendapat, Partai Habayit Hayehudi (Rumah Yahudi) berhasil menyodok ke urutan tiga selepas koalisi Likud-Yisrael Beitenu dan Buruh. Padahal, partai ini baru dibentuk pada 2008 dan dalam pemilihan umum setahun kemudian, mereka meraih tiga dari 120 kursi di Knesset (parlemen Israel).

Habayit Hayehudi awalnya gabungan dari partai Religius Nasional, Moledet, dan Tkuma. Namun dua partai terakhir membelot. Partai Habayit Hayehudi dipandang sebagai kelompok kanan nasional religius.

Tapi itu dulu. Kini tiga tahun kemudian, Habayit Hayehudi menjelma menjadi kuda hitam. Jajak pendapat terakhir dilansir oleh surat kabar Haaretz Selasa lalu, menempatkan Likud-Yisrael Beitenu di posisi pertama dengan 34 kursi Knesset, disusul Buruh (18), Habayit Hayehudi (13), serta Shas dan Hatnuah sama-sama sebelas kursi.

Ayelet Shaked, calon anggota Knesset dari HaBayit HaYehudi, mengaku cukup puas dengan popularitas partainya versi pelbagai survei. Namun, perempuan 36 tahun berada di nomor urut tiga dalam daftar calon anggota Knesset di partainya, ini tidak mau terlalu percaya dengan hasil survei itu.

Bersama Ketua Partai Habayit Hayehudi Naftali Bennett, Ayelet mendirikan MyIsrael pada awal 2010. Organisasi ini mengkampanyekan citra positif Israel lewat Internet dan media sosial. Mereka juga merancang protes terhadap gerakan anti-Zionis di seluruh dunia. Keduanya pernah sama-sama bekerja di kantor Benjamin Netanyahu.

Ayelet mengaku cukup akrab dengan Indonesia. Pamannya pernah berkunjung dua pekan ke negara ini. “Setahu saya, Indonesia negeri sangat indah,” katanya.

Berikut penuturan politikus yang terang-terangan mengaku sebagai kaum sekuler ini saat dihubungi Faisal Assegaf dari Hamaslovers melalui telepon selulernya Selasa malam lalu.

Hasil sejumlah jajak pendapat menempatkan partai Anda di urutan ketiga atau keempat setelah Likud, Yisrael Beitenu, dan Buruh. Anda yakin soal itu?

Saya tidak yakin karena itu cuma kata jajak pendapat. Itu cuma kata sebagian orang. Hasil sebenarnya adalah setelah pemilihan umum berlangsung.

Perkiraan Anda, berapa perolehan kursi partai Anda di Knesset?

Hasil beberapa jajak pendapat memperkirakan 15-18 kursi. Bisa jadi kami mendapatkan di tengah-tengah itu atau bahkan kurang dari itu.

Apa yang membuat partai Anda digandrungi padahal masih baru?

Karena kami menggabungkan antara kaum Yahudi sekuler dan ortodoks. Kami ingin menciptakan identitas baru Israel, yakni ada leburan antara kelompok sekuler dan ortodoks.

Maksudnya?

Kami ingin menciptakan masyarakat ortodoks modern, yakni masyarakat yang bisa menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan agama.

Artinya, partai Anda bakal mengubah keistimewaan diperoleh kaum ortodoks, seperti kelompok Haredi?

Kami bakal menjadikan semua orang sama di Israel. Kelompok Haredi selama ini bebas dari wajib militer harus menjalani itu seperti warga Israel lainnya. Kalangan ortodoks juga harus terlibat dalam kegiatan ekonomi.

Bagaimana soal penyelesaian konflik dengan Palestina?

Partai kami tidak percaya dengan solusi dua negara karena Palestina akan menjadi negara Islam dan militan. Kami tidak akan membiarkan itu terjadi.

Lalu apa rencana partai Anda?

Kami bakal menjadikan wilayah dengan permukiman Yahudi dominan di Tepi Barat berada di bawah kontrol Israel sepenuhnya. Kalau ini dilaksanakan berarti kami bakal menguasai 60 persen wilayah Tepi Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s