Parfum Beraroma Roket Hamas

Produk baru ini memakai nama M-75, roket berhasil menjangkau Tel Aviv dan Yerusalem dalam perang bulan lalu.

Seorang bocah perempuan menunjukkan dua botol parfum M-75 dijual di Kota Rafah, Jalur Gaza.

Bukan sekadar membikin tubuh wangi, namun semerbak kemenangan juga menguar dari aroma parfum ini. Demikian slogan dijanjikan oleh sang produsen.

Parfum istimewa ini diberi nama M-75, merujuk pada nama roket digunakan Hamas selama perang delapan hari dengan Israel bulan lalu. Bersama roket Fajr-5 buatan Iran, M-75 ditembakkan dari Jalur Gaza untuk pertama kali berhasil menjangkau Tel Aviv (ibu kota negara Zionis itu) dan Yerusalem.

Kedua pihak sama-sama mengklaim menang perang. Korban tewas di pihak Palestina 170, sedangkan di sisi Israel hanya empat orang.

Rajai Udwan, direktur Cintinental Style, salah satu distributor parfum M-75. “Parfum ini bakal memberikan pemakainya untuk mencium aroma kemenangan dikemas dalam bentuk parfum,” katanya kepada surat kabar Haaretz.

Menurut pejual M-75 lainnya, hanya ingin disebut dengan Abu Ahmad, lumrah saja mengeksploitasi kemenangan buat memasarkan sebuah produk. Dia mengklaim nama roket itu sudah tersohor dan diukai banyak orang. “Orang-orang bangga kami mampu menjangkau Tel Aviv dan Yerusalem dengan roket M-75.

Meski belum sebulan diluncurkan, parfum ini langsung laris. Seorang pembeli dari Mesir menolak ditulis namanya memborong 60 botol M-75 buat oleh-oleh. Tiap botol beratnya dua ons (tersedia warna hitam dan hijau) seharga US$ 13, sepersepuluh dari rata-rata pendapatan bulanan warga Gaza. “Saya berharap aromanya cukup menyengat hingga tercium sampai Tel Aviv dan mengingatkan kaum Yahudi soal kemenangan bangsa Palestina,” ujarnya.

Parfum ini tersedia dalam aroma wangi jeruk, jeruk limun, dan aroma lainnya asli dari Gaza. “Wanginya enak dan mengundang, seperti rudal-rudal para pejuang Palestina, khususnya M-75,” ucap Shadi Adwan, sang produsen, kepada koran Al-Risalah.

Dengan angka pengangguran empat kali lebih tinggi ketimbang Israel, roket M-75 telah menjadi simbol kebanggan Palestina. Seperti tercantum dalam kemasan parfum dengan nama roket itu, Buatan Gaza.

Bahkan, Kepala Biro Politik Hamas Khalid Misyaal keluar dari replika M-75 saat akan memberikan pidato kepada para pendukung Hamas di Kota Gaza awal bulan ini.

Barangkali, ketenaran parfum ini bakal membuat Hamas kian wangi di hidung warga Gaza.

Huffington Post/Times/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s