Usamah Hamdan: Serangan Israel ke Gaza Bermotif Politik

Dia menyebut pembunuhan Ahmad al-Jaabari oleh Israel sebagai kejahatan internasional.

Di tengah meningkatnya saling serang antara Israel dan Jalur Gaza, sungguh sulit menghubungi para pentolan Hamas di Gaza. Hamaslovers telah berupaya menelepon pemimpin senior Hamas Mahmud Zahar dan Ahmad Yusuf (penasihat Perdana Menteri Ismail Haniyah). Hingga artikel ini dilansir, telepon seluler keduanya tidak aktif.

Serangan udara Israel kemarin berhasil menewaskan Ahmad al-Jaabari, komandan Brigade Izzudin al-Qassam (sayap militer Hamas). Sebuah rudal menghantam Honda Civic abu-abu sedang dia setir di Jalan Bioskop Nasr, Kota Gaza, sekitar pukul lima sore.

Untung saja pemimpin Hamas di Libanon Usamah Hamdan berhasil dikontak. Dia menegaskan apa yang terjadi saat ini bermotif politik. Menurut dia, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berupaya menaikkan popularitas agar bisa menang pada pemilihan umum Januari tahun depan.

Popularitas Partai Likud dipimpin Netanyahu memang merosot lantaran kenaikan harga bahan pokok dan perumahan. Dia juga dikecam setelah ikut mendorong pengesahan beleid baru mengharuskan seluruh warga Israel, termasuk keturunan Arab dan kelompok orthodoks yang selama ini diistimewakan, ikut wajib militer.

Berikut penuturan Usamah saat dihubungi Faisal Assegaf dari Hamaslovers melalui telepon selulernya hari ini:

Apa komentar Anda soal tewasnya Ahmad Jaabari?

Saya pikir itu kejahatan internasional biasa dilakukan oleh penjajah Israel. Mereka tidak hanya membunuh pemimpin Hamas atau pejuang lainnya, mereka selalu membunuh penduduk sipil. Saya yakin tindakan semacam ini tidak akan berdampak negatif terhadap perjuangan bangsa Palestina. Rakyat Palestina bakal terus melawan buat merebut tanah air mereka.

Dengan kejadian itu, apakah Hamas ingin berperang atau berusaha mencapai gencatan senjata?

Hamas tidak pernah ingin memulai perang. Perang terjadi karena adanya penjajahan oleh Israel. Saya percaya seluruh rakyat Palestina ingin berjuang mengusir penjajah dan merebut kembali tanah air mereka.

Saling serang terus meningkat, apakah perang baru bakal tercipta seperti empat tahun lalu?

Mungkin saja terjadi dan mungkin juga tidak. Keadaan memang sedang memanas. Yang pasti, bangsa Palestina harus melanjutkan perjuangan untuk mendapatkan kembali hak-hak mereka.

Apakah menurut Anda, ada motif politik di balik serangan besar-besaran Israel sekarang?

Tentu saja ada motif politik dari Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Dia tentu tidak ingin popularitasnya menurun sehingga bakal mempengaruhi perolehan kursi di Knesset menjelang pemilihan umum mendatang.

Apakah ada kemungkinan buat gencatan senjata?

Kami harus melihat dulu perkembangan ke depan. Saya yakin tidak akan mudah untuk mencapai semua itu setelah apa yang terjadi.

2 thoughts on “Usamah Hamdan: Serangan Israel ke Gaza Bermotif Politik

  1. Pingback: Usamah Hamdan: Serangan Israel ke Gaza Bermotif Politik – Islamic Geographic

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s