Bercerai Gaya Tel Aviv

Ongkosnya lebih murah ketimbang bertempur di pengadilan.

Warga di Ibu Kota Tel Aviv, Israel, dikenal paling suka bercerai. Data Biro Pusat Statistik negara Zionis itu menyebutkan satu dari empat pasangan di Tel Aviv bercerai dan seperlima keluarga di kota ini adalah orang tua tunggal.

Karena itu, ketua komite keluarga Asosiasi Pengacara Israel cabang Tel Aviv, Ronen Dlayahu, mengajukan proposal untuk membuat perceraian itu berlangsung lebih mudah, murah, dan tanpa meninggalkan trauma. Gagasan ini disebut “Satu demi Satu”.

Menurut ide itu, pasangan yang ingin bercerai tidak mesti ke pengadilan. Masing-masing diberi seorang pengacara yang bakal mewakili kepentingan mereka. “Semua yang terlibat (dalam proses perceraian) berfokus pada satu tujuan, tanpa pertikaian,” kata Dlayahu. Pasangan retak ini juga diberi pilihan untuk menjalani terapi.

Ongkos sewa pengacaranya pun jauh lebih murah. Pasangan itu masing-masing membayar Rp 37,5 juta – 49,8 juta. Ketimbang lewat pengadilan yang dapat menghabiskan Rp 125 juta – 150 juta.

Dlayahu mengungkapkan proposal itu sudah ia diskusikan dengan Wali Kota Tel Aviv Asaf Zamir. Meski belum ada keputusan, menurut sejumlah pejabat di Tel Aviv, dewan kota mendukung rencana itu. Apalagi proyek percontohan di kawasan Ramat Gan sejak beberapa bulan lalu dinilai sangat berhasil.

“Metode ini menyampaikan sebuah pesan: Anda bisa bercerai secara menyenangkan. Pertikaian tidak perlu diselesaikan dengan bertempur di pengadilan,” Dlayahu menegaskan.

Anggota dewan kota Tel Aviv, Zamir, juga mendukung gagasan Dlayahu itu. Saya yakin merupakan tugas kota membantu warganya di bidang apa saja yang mampu dilakukan,” ujarnya.

Haaretz/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s