Berbagi Rumah dengan Pemukim Yahudi

Keluarga Hamdallah sebelumnya telah mengosongkan sebuah kandang ayam dan gudang.

Sulit dibayangkan betapa perihnya perasaan keluarga Hamdallah yang menetap di kawasan Ras al-Amud, bersebelahan dengan blok permukiman Yahudi Ma’alih Zaitim, Yerusalem Timur. Sebuah ruangan dalam rumah mereka yang selama ini ditempati anak, menantu, dan satu cucu, harus diserahkan kepada sebuah keluarga Yahudi.

Terdapat 100 keluarga Yahudi yang tinggal di Ma’alih Zaitim. Permukiman ini dikelilingi tembok yang menjorok ke dalam wilayah Ras al-Amud. Di sini bakal dibangun 14 rumah baru bagi pemukim Yahudi dan nantinya akan berdiri pula markas kepolisian Israel untuk Tepi Barat.

Enam tahun lalu, Pengadilan Distrik Yerusalem memenangkan klaim pengusaha judi sekaligus jutawan Amerika Serikat, Irving Moskowitz, terhadap bagian dari rumah itu. Hakim memerintahkan bagian rumah yang dibangun setelah 1989 harus dikosongkan.

Moskowitz mengaku telah membeli sebagian tanah yang kini menjadi bagian dari kediaman Hamdallah sebelum negara Israel terbentuk pada 1948. Sedangkan keluarga Hamdallah baru bermukim di Ras al-Amud empat tahun kemudian. Moskowtiz dikenal sebagai penyokong terbesar bagi perluasan permukiman yahudi di Tepi Barat. Ia pernah menyumbang hingga US$ 100 juta setahun.

Kuasa hukum penggugat, Eitan Geva, berhasil meyakinkan juru sita, keputusan hakim itu mencakup satu kamar tidur dan halaman depan. Namun pengacara keluarga Hamdallah, Shlomo Lecker, menilai klaim itu salah. Apalagi, keluarga Palestina itu sudah mengosongkan sebuah kandang ayam dan gudang. “Saya pikir (para pemukim) ingin membuat hidup mereka (keluarga Hamdallah) seperti di neraka hingga akhirnya mereka terpaksa pergi,” katanya Lecker.

Seluruh keluarga Hamdallah yang tinggal di rumah itu berjumlah 16 orang. Khalid Hamdallah mengaku pasrah dan tidak peduli lagi atas hal itu. “Saya merasa seperti sekarat. Mereka mau mengenyahkan kami sepenuhnya,” ujar Khalid.

Haaretz/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s