Simbol Bintang Daud di Negeri Mullah

Pernah ada rute penerbangan Teheran-Tel Aviv.


Sejak kemenangan Revolusi Islam yang dipimpin Imam Khomeini pada 1979, Iran muncul sebagai negara anti Amerika Serikat dan Israel. Bahkan, Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad yang berkuasa sejak lima tahun lalu malah makin menjadikan Negeri Mullah itu sebagai ancaman bagi kedua negara itu.

Namun ironisnya, simbol Bintang Daud yang terdapat di bendera Israel masih tersisa di Iran. Setidaknya ada dua lambang itu di Ibu Kota Teheran berdasarkan gambar satelit melalui situs pencari Google Earth.

Yang terakhir dilansir Sabtu pekan lalu. Bintang Daud itu berada di atap gedung milik Iran Air, maskpai penerbangan terbesar di Negeri Persia itu. Gedung yang dibuat oleh arsitek Israel itu berada di kompleks Bandar Udara Internasional Imam Khomeini. “Adalah hal menarik meski 31 trahu setelah kemenangan revolusi (Islam), simbol bintang Zionis belum dihapuas dari gedung ini,” tulis sebuah situs berita setempat.

Selama Shah Muhammad Reza Pahlevi berkuasa, Iran memang memiliki hubungan baik dengan Israel. Patut diingat, komunitas Yahudi terbesar di Timur Tengah berada di negara itu.

Sejak 1960, maskapai nasional Israel, El Al, membuka jalur penerbangan dari Teheran ke Bandar Udara Internasional Ben Gurion di Ibu Kota Tel Aviv. Negara Yahudi ini juga menjual senjata ke tentara-tentara Syiah dan ditukar pasokan minyak. Ahli-ahli dari Israel juga memberikan pelatihan bagi warga Iran di bidang pertanian dan perdagangan.

Penemuan simbol Bintang Daud pertama kali terjadi Agustus lalu. Lambang itu berada di atas kubah sebuah gedung yang berlokasi di Lapangan Revolusi, jantung Teheran. Jumlahnya bukan satu, tapi ratusan.

Entah apakah ini sebuah kesalahan atau ketidaktahuan dari para pemimpin Iran, termasuk Ali Khamenei dan Ahmadinejad. Yang pasti, kalau Iran memang ingin dipercaya sebagai negara anti-Israel, seluruh simbol Bintang Daud yang masih bercokol di sana harus segera disingkirkan

Yediot Ahronot/Faisal Assegaf

2 thoughts on “Simbol Bintang Daud di Negeri Mullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s