Ariel Sharon Pulang

Tetap koma sejak dirawat 4 Januari 2006.

Settelah hampir lima tahun terbaring koma dalam ruang perawatan khusus di the Chaim Sheba Medical Cnter, Tel Hashomer, pinggiran Ibu Kota Tel Aviv, mantan Perdana Menteri Israel kemarin subuh dipulangkan. Ia akan menghabiskan akhir pekan ini di kawasan peternakannya “Sycamore Ranch” di gurun Negev, selatan Israel.

Wilayah ini tidak jauh dari Jalur Gaza. Sharonlah yang memutuskan menarik tentara dan permukiman Yahudi dari wilayah berpenduduk sekitar 1,5 juta itu pada Agustus 2005 Kebijakan itu sekaligus mengakhiri penjajahan negara Zionis itu terhadap Gaza selama 38 tahun.

Lima bulan setelah keputusan kontroversial itu, Sharon dihantam stroke berat. Sejak Jnauari 2006 itulah, ia dirawat secara intensif. Menurut Komite Keuangan Knesset (parlemen Israel), ongkos pengobatan Sharon saban tahun sekitar US$ 440 juta.

Ia pun digantikan oleh wakilnya di Partai Kadima Ehud Olmert. Meski tidak ada harapan kembali normal, dua putra Sharon menolak semua peralatan untuk menyokong kehidupan ayah mereka dicabut.

Hingga kini, lelaki 82 tahun itu belum sadar. Menurut ketua tim dokter, Shlomo Segev, Sharon sudah mampu membuka matanya dan merasakan kehadiran orang. “Jadi kita tidak bisa mengatakan ia koma sepenuhnya. Bukan koma mendalam pastinya,” kata Segev tahun lalu kepada jurnal online dari Amerika Serikat Daily Beast.

Kepulangan Sharon merupakan hasil rembukan dokter dengan pihak keluarga. Menurut salah satu orang kepercayaannya, Raanan Gissin, bosnya itu akan mendekam di ruangan steril dan diawasi secara ketat oleh tim medis.

“Hari ini (Jumat) pada 2010, keinginan semua pasien, keinginan kita dari pihak rumah sakit, memastikan siapa saja pasien kronis jika mungkin berada di rumahnya,” ujar Prof. Shlomo Noy, direktur pemulihan di Sheba Medical Center.

CNN/Reuters/Telegraph/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s