Foto Narsis Serdadu Zionis

Abergil tidak bisa ditahan karena sudah selesai berdinas.

Facebook kerap kali digunakan oleh para penggunanya sebagai ajang narsis atau pamer diri. Namun yang dilakukan mantan serdadu Israel, Eden Abergil, awal pekan ini memang pantas dikecam.

Di laman Facebooknya, gadis dari Ashdod, kota pelabuhan di selatan Israel, berpose dengan kaki menyilang di samping seorang tahanan Palestina. Lelaki malang itu duduk dengan wajah tertunduk. Matanya ditutup dan tangannya diikat ke belakang. Sedangkan Abergil dengan kaki menyilang tersenyum ke arah dia.

Dalam foto satunya lagi, Abergil bergaya kenes di depan tiga tawanan Palestina yang mata mereka ditutup dan diikat tangan diikat. Foto-foto itu tidak mencantumkan tanggal dan lokasi. Hanya saja, ia mencantum judul:”IDF (Pasukan Pertahanan Israel), waktu terbaik selama hidup saya”.

Abergil menyelesaikan wajib militernya dua tahun lalu. Berarti, foto itu diambil antara 2006 hingga ia selesai berdinas. Wajib militer bagi perempuan di negara Zionis itu berlaku dua tahun dan tiga tahun bagi lelaki yang usia mereka minimal 18 tahun.

Kepada Radio Militer Israel, ia mengaku tahanan itu adalah warga dari Jalur Gaza yang ditangkap saat berusaha menyusup ke Israel pada 2008. “Saya masih tidak mengerti apanya yang salah,” kata Abergil.

Ini bukan merupakan kasus pertama. Sebelumnya video kontroversial muncul di laman YouTube. Rekaman itu menunjukan satu regu patroli Israel berjoget saat bertugas di Kota Hebron, Tepi Barat. Foto Abergil itu seolah mengingatkan dunia akan foto pelecehan yang dilakukan seorang tentara perempuan Amerika terhadap beberapa tahanan Irak di Penjara Abu Ghuraib, Bagdad.

Juru bicara Otoritas Palestina Ghassan Khatib mengecam dua foto milik Abergil. “Ini menunjukan mentalitas penjajah yang bangga mempermalukan rakyat Palestina,” ujarnya dengan geram.

Militer Israel melarang seluruh tentara mempublikasikan foto latihan atau suasana di markas dan barak. Jika melanggar terancam penjara. Namun lantaran Abergil sudah selesai dari wajib militer, pihak militer tidak berwenang menahan dia. “Jika ia masih bertugas hari, saya tidak ragua ia akan segera diadili,” kata juru bicara IDF Kapten Barak Raz.

Meski dicerca, muncul kelompok baru di Facebook yang mendukung Abergil. Grup bernama “Kami Semua Bersama Abergil” mempublikasikan beberapa foto yang menunjukan tentara dan polisi negara Yahudi itu berpose dengan tahanan Palestina.

Haaretz/Independent/Faisal Assegaf

2 thoughts on “Foto Narsis Serdadu Zionis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s