Ketika Pengawal Netanyahu Kehilangan Pistol

Padahal konsultan keamanan bandara berasal dari Israel.

Bisa dibayangkan betapa marah dan malunya Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat mengetahui kecerobohan yang dilakukan oleh anak buahnya. Pasukan pengawal Netanyahu kehilangan satu tas berisi empat pistol jenis Glock kaliber 9 milimeter yang menjadi perlengkapan standar.

Insiden itu menimpa pasukan pengawal dari Shin Beth (dinas rahasia dalam negeri Israel) saat Netanyahu melawat ke Ibu Kota Washington DC, Amerika Serikat pekan lalu. Tas nahas itu salah masuk kargo maskapai American Airlines saat di Bandar Udara Internasional John F. Kennedy, New York.

Bukannya diangkut dengan pesawat menuju Washington, tas berisi pistol Glock itu malah masu kargo penerbangan ke Los Angeles. Tas itu memang berhasil ditemukan di sana, namun sejumlah media melaorkan masih ada satu paket Glock yang hilang. Sedangkan situs berita BBC melaporkan yang raib ada empat Glock.

Otoritas penerbangan setempat sedang menyelidiki apakah senjata semitotomatis itu dicuri saat di bandara New York atau hilang setelah tiba di Los Angeles. “Ketika Anda menghadapi situasi terkait masalah keamanan, kami membiarkan penegakan hukum menangani situsi itu,” kata American Airlines dalam pernyataan tertulisnya.

Ironisnya lagi, sejak dua tahun lalu bandara di Los Angeles telah menjalin kerja sama dengan tim ahli dari Israel untuk sistem keamanan di sana. Mereka berkunjung saban dua tahun untuk mengecek apakah sistem LAX berjalan semestinya.

Kantor berita Reuters menulis para pengawal netanyahu itu ahrus menjalani pemeriksaan ulang di New York sebelum bertolak ke Washington. Sejatinya ada dua tas yang seluruhnya berisi tujuh pistol Glock. Namun satu tas berisi tiga Glock yang sempat lenyap saat transit itu berhasil ditemukan.

Barangkali Netanyahu akan segera menyeleksi ulang pasukan pengawalnya. Keteledoran ini sekaligus membuktikan masih ada celah bagi pejuang Palestina jika ingin menghabisi pemimpin dari Partai Likud itu dan pejabat israel lainnya. Ingat, hanya Tuhan yang bisa menjamin perlindungan sempurna tanpa cacat secuil pun.

LA Times/USA Today/Faisal Assegaf

One thought on “Ketika Pengawal Netanyahu Kehilangan Pistol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s