Demi Nyawa Warga Israel

Selain uang, ada pula yang berkhianat demi seks dan kesehatan.

Poster Presiden Mesir Husni Mubarak yang dicap pengkhianat Palestina

Barangkali banyak orang akan menganggukan kepala jika dikatakan alasan Muhammad Saad tidak jujur. Ia mengaku berkhianat demi menyelamatkan nyawa warga Israel dari serangan para pejuang Palestina.

Ia mengarungi petualangan berbahayanya itu pada 1980-an hingga 1990-an. Selama sembilan tahun ia masuk ke jaringan kelompok Tanzim di Hebron, sebagai mata-mata. Senjatanya adalah alat perekam yang disembunyikan di badannya. “Saya melakukan itu bukan untuk uang. Saya berbuat itu karena kita semua orang Israel dan membunuh itu berdosa,” katanya kepada situs berita BBC.

Karena informasi yang ia berikan, ayah tiga anak ini mengklaim berhasil menggagalkan sejumlah rencana serangan terhadap warga sipil dan tentara Israel. Kini hidup Saad dan keluarganya terancam. Bulan lalu saja, Hamas menghukum mati dua orang Palestina di Gaza yang dituding sebagai informan Israel.

Lelaki 49 tahun itu dipastikan dibunuh jika kembali ke rumahnya di Kota Hebron, Tepi Barat. Sebab itu, ia kini berada di Tel Aviv untuk mencari perlindungan dari pemerintah negara Zionis itu. “Mereka seharusnya diberikan tempat tinggal, fasilitas kesehatan, dan hak-hak sipil atas apa yang sudah mereka perbuat untuk Israel,” ujar Michael Tupelow, pengacara yang membantu Saad.

Saat ini, Tupelow memperkirakan terdapat sekitar 5.000 orang Palestina yang menjadi pengkhianat. Mereka bekerja untuk militer Israel demi uang, seks, atau pelayanan kesehatan memadai yang tidak diperoleh di tempat tinggal mereka.

Bukan orang seperti Saad saja yang memberikan informasi bagi israel. Warga Palestina di kota tua Yerusalem yang menjual tanah dan rumahnya kepada warga Yahudi juga berlaku serupa karena mendapat ancaman dari pejuang Palestina. .

Namun sering kali janji manis dari Israel yang dinyatakan sejak awal tidak dipenuhi semuanya. Meski begitu, para pengkhianatan tidak akan bisa dihapusak dalam konflik Palestina-Israel. Karena manusia mempunyai nafsu akan harta, kuasa, dan wanita.

BBC/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s