Putra Hamas dalam Jeratan Shin Beth

Sheikh Hassan Yusuf langsung menyatakan Masab bukan lagi anaknya.

Sebulan setelah kematian petingginya Mahmud al-Mabhuh di Dubai, Uni Emirat Arab, Hamas diterpa kabar tidak sedap. Masab membuat pengakuan sungguh mengejutkan. Ia mengungkapkan pernah menjadi agen rahasia Shin beth (dinas rahasia dalam negeri Israel) selama satu dekade.

Bukan sekadar rahasia itu yang menghebohkan. Statusnya sebagai putra Sheikh Hassan Yusuf, tokoh senior Hamas di Tepi Barat, yang membuat cerita itu makin mengguncangkan. Masab membeberkan ceritanya sebagai pengkhianat itu dalam bukunya berjudul “Son of Hamas” yang diterbitkan di Amerika Serikat awal bulan ini.

Di kalangan mata-mata Israel, ia dikenal dengan nama samaran “Pangeran Hijau”. Lantaran informasi dari Masab, negara Zionis itu mampu membunuh sejumlah tokoh pejuang Palestina. Shin beth berhasil pula menahan lusinan di antaranya dan menggagalkan banyak rencana bom bunuh diri, termasuk yang sasarannya Shimon Peres pada 2001. Ia bergabung di sana pada 1997-2007.

Menurut Masab, misi rahasia paling penting yang ia kerjakan selama bergabung di Shin Beth adalah penangkapan 30 pimpinan rahasia Hamas di Tepi Barat, termasuk Ibrahim Hamid dan Marwan Barghuti. Merekalah yang mengatur keuangan dan seluruh kegiatan organisasi itu di sana. Insiden itu berlangsung pada November 2004. “Hamid bertanggung jawab atas kematian 80 warga Israel. “itu tugas terakhir saya di Shin Beth,” katanya

Lelaki 32 tahun yang menetap di California, Amerika, sejak tiga tahun lalu ini pun mengetahui rencana penangkapan kembali ayahnya pada September 2005. Shin Beth memberitahukan dia itulah satu-satunya cara menyelamatkan Sheikh Hassan Yusuf. Hingga kini, tokoh moderat Hamas itu masih dipenjara.

Sejatinya, itu bukan kejutan pertama dari Masab. Dua tahun lalu, ia pernah mengumumkan masuk Kristen. Namanya berganti Joseph. Namun pihak keluarga tidak mempercayai berita yang dilansir surat kabar Israel, Haaretz, itu.

Tapi pengakuan Masab pernah menjadi anggota Shin Beth telah membuat Sheikh Hassan Yusuf kebakaran jenggot. Melalui suratnya dari penjara, ia mengumumkan tidak mengakui lagi Masab sebagai anaknya. Masab memiliki lima saudara lelaki dan dua saudara perempuan. Ia besar di Ramallah, Tepi Barat, sekitar sepuluh kilometer dari Jerusalem.

Masab tidak terlalu reaktif menanggapi talak itu. Ia bahkan menuding Hamas telah memaksa ayahnya untuk melakukan hal itu. “Ini membuat saya berjuang lebih bersemangat Tuhan mereka dan gerakannya (Hamas). Saya menyayangi ayah saya, namun gerakannya (Hamas) arogan dan iblis,” ujarnya.

Sejatinya, pengkhianatan yang dilakukan Masab bukan hal baru. Pada 1998, sebanyak 80 orang yang menjadi informan Israel dipindahkan ke Sderot lantaran nyawa mereka dan keluarganya terancam. Kota itu hanya satu kilometer dari perbatasan Jalur Gaza.

Fulus memang bisa mengubah segalanya, termasuk iman dan rasa cinta terhadap tanah air.

Haaretz/Faisal Assegaf

4 thoughts on “Putra Hamas dalam Jeratan Shin Beth

  1. akan selalu ada pembelot semacam ini. apakah kemudian Allah swt akan tinggal diam ? Mereka membuat makar, Allah swt juga membuat makar. Dan tahukah kalian siapa yang paling baik membuat makar ?

    Pada masanya, insya Allah swt kita (saya dan para pembaca) akan menjadi saksi keruntuhan Israel !!

  2. akan selalu ada pembelot semacam ini. apakah kemudian Allah swt akan tinggal diam ? Mereka membuat makar, Allah swt juga membuat makar. Dan tahukah kalian siapa yang paling baik membuat makar ?

    Pada masanya, insya Allah swt kita (saya dan para pembaca) akan menjadi saksi keruntuhan Israel !!!

  3. sudahlah bung tak usah marah, semakin anda marah semakin pula anda kemasukkan niat jahat didalam hati.
    Kebencian akan selalu menjadi musuh diri kita semua. jadi semakin anda benci akan pula semakin anda mencintai.
    Siapa saja boleh berpindah keyakinan karena itu adalah hak setiap manusia. Jadi relakan saja Musa Yusuf menjadi pengikut Kristus sebab dia sama seperti Saulus yang banyak membunuh orang Yahudi di jaman kerasulan.
    selamat bergabung di jalan Kristus Musab Yusuf semoga yang lain mengikuti mu. Amin

  4. Perlu ada yg ditambahakan ,kalau anda2 melihat wawancara2 Musab Yusuf,secra lengkap ia sendiri mengatakan bahwa ia melakukan penyebrangan ke Istrael itu adalah untuk rakyat Palestina, yang ia adukan adalah para teroris yg melakukan teror terhadap kemanusiaaan,bahkn pihak2 yg diadukannya terhadap Israel,ia minta secra spesifik untuk jgn dibunuh,yang ia inginkan adalah tidak ada pertumpahan darah antara baik pihak israel maupun Palestina, dlm satu wawancara ia juga tidak setuju dg beberapa tindakan Israel yg sewenang2..menurut saya Mousab Josef ini adalah calon pemimpin perdamaian dari Palestina yg bisa menyatukan dan mendamaikan Israel&Palestina….kemungkinan dia akan seperti Martin Luther Palestina..Hebat!!Salut !!…Mousab Josef sungguh seorang pejuang Perdamaian sejati!! Tuhan Menyertai&Memberkatimu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s