Abdul Aziz Dweik: “Rekonsiliasi Syarat Mutlak buat Pemilu”

Menurut Konstitusi Palestina, semestinya Senin lalu merupakan jadwal pelaksanaan pemilihan presiden dan parlemen. Namun Presiden Otoritas Palestina Mahmud Rida Abbas yang berniat mundur menunda pelaksanaan pesta demokrasi itu hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sejak memenangkan pemilihan umum 25 Januari 2006, Hamas tidak dapat menjalankan fungsinya lantaran Israel menahan lebih dari 40 dari 75 anggota parlemennya. Menjelang akhir masa jabatan, negara Zionis itu membebaskan mereka dan kini masih mendekam 13 orang di penjara Israel.

Ketua Dewan Legislatif Palestina (PLC) Abdul Aziz Dweik, 62 tahun, juga pernah dipenjara tiga tahun. Ia dibebaskan Juni tahun lalu, lebih cepat dua bulan dari yang seharusnya. Kepada Faisal Assegaf dari Tempo, ia menjelaskan mengenai situasi politik Palestina dan perundingan Hamas-Fatah. Berikut penuturan kakek 15 cucu ini saat dihubungi melalui telepon selulernya Senin lalu:

Bagaimana status PLC sekarang?
Kemarin (Ahad) saya menyampaikan pernyataan pers bahwa PLC masih terus bekerja. Sesuai pasal 47 konstitusi, PLC yang ada saat ini masih berlaku sepanjang belum ada pemilihan umum untuk memilih anggota baru. Saya juga menyerukan agar semua faksi di Palestina bersatu untuk mewujudkan persatuan sehingga pemilihan dapat dilaksanakan.

Abbas belum menetapkan jadwal baru bagi pemilu. Apakah Hamas akan menlansungkan pemilu secara sepihak?
Saya para pemimpin Hamas tidak akan mengambil jalan seperti itu. Yang paling penting dicapai sekarang ini adalah terjadinya rekonsiliasi antara Hamas dan Fatah. Ini merupakan syarat mutlak untuk melangsungkan pemilihan baru.

Lantas apa yang bakal Hamas lakukan?
Kami akan menggelar pertemuan dengan seluruh faksi yang ada untuk membahas rekonsiliasi ini. Kemungkinan besar pertemuan itu terjadi dalam beberapa pekan mendatang.

Meski rekonsiliasi terjadi, apa mungkin mengadakan pemilu selama Israel masih memblokade Jalur Gaza?
Saya setuju dengan pendapat Anda. Karena itulah betapa pentingnya rekonsiliasi dicapai. Dengan adanya persatuan, bangsa Palestina dapat menghasilakn satu sikap untuk memastikan tidak ada intervensi dari pihak asing.

Apakah Hamas masih yakin untuk ikut pemilu mengingat pengalman empat tahun lalu?
Kami tidak mempunyai pilihan lain. Satu-satunya cara untuk perpindahan kekuasaan melalui pemilu.

Siapa calon presiden yang akan diajukan Hamas?
Saya tidak peduli siapa kandidat dari Hamas. Siapapun calonnya yang penting ia memiliki visi dan misi bagi kepentingan rakyat Palestina.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s