Raja Jalanan di Kota Gaza

Tahun lalu, sedikitnya 200 pengendara sepeda motor di Kota Gaza tewas akibat kecelakaan.

Banyak orang barangkali akan menganggukan kepala jika dikatakan sepeda motor merupakan raja jalanan. ara pengedara motor kerap melanggar aturan lalu-lintas. Namun fenomena tidak hanya terjadi di Ibu Kota Jakarta.

Ribuan kilometer dari sini, yakni di Kota Gaza, pengendara motor juga begitu berkuasa. Alhasil, banyak kecelakaan yang terjadi melibatkan pengendara motor, seperti yang dialami Muhammad Abu Qamar. Dua bulan lalu ia dirawat intensif di rumah sakit karena gegar otak dan patah kaki.

Meski begitu karyawan sebuah tempat penukaran uang di kamp Jabaliyah ini mengaku bersyukur masih tetap hidup. “(Namun) saya masing suka pusing dan sering lupa. Tapi setidaknya saya masih hidup,” kata lelaki 28 tahun ini.

Boleh jadi ia selamat karena mengenakan helm. Ketika itu, ia ditabark oleh sebuah mobil dari belakang. Kebanyakan pengendara motor di Kota Gaza sering tidak memakai pelindung kepala.

Tahun lalu saja, paling sedikit 200 pengendara motor terbunuh dalam kecelakaan lalu-lintas. Ribuan lainnya cedera. “Kami mendapatkan 30-40 korban cedera saban pekan, dua sampai tiga orang dirawat intensif,” kata Dr Fauzi Nabul Silya, kepala Unit Perawatan Intensif Rumah Sakit Syifa, Kota Gaza.

Kecelakaan ini lantaran mereka tidak mematuhi aturan. Maklum saja, banyak yang tidak pakai helm dan memiliki surat izin mengemudi. Menurut Dr Fauzi, hanya dua persen dari ribuan pengendara motor di Kota Gaza yang menggunakan helm.

Jumlah sepeda motor di Jalur Gaza terus bertambah sejak Israel memblokade wilayah itu pertengahan Juni 2007. Selain harganya jauh lebih murah ketimbang mobil, motor juga tidak sulit diselundupkan melalui terowongan-terowongan rahasia yang berada di sepanjang Rafah yang memblah Gaza dan Mesir.

Kebanyakan satu sepeda motor dijual antara US$ 700-800. “Semua motor didatangkan dari Mesir,” ujar seorang penjual yang tidak mau disebutkan identitasnya. Sebagian besar motor-motor baru itu buatan Cina.

BBC/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s