Kontroversi Keyahudian Ahmadinejad

Ibunya keturunan Nabi Muhammad.

Mahmud Ahmadinejad dan seorang rabbi dari Neturei Karta, organisasi anti-Zionis

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad sekali lagi menjadi kontroversi. Bukan lantaran ucapannya soal Israel, namun terkait laporan surat kabar Inggris Daily Telegraph Sabtu pekan lalu. Koran itu menyebutkan pemimpin konservatif itu berayahkan seorang Yahudi yang menjadi muallaf.

The Telegraph mengungkapkan sebetulnya nama keluarga Ahmadinejad adalah Saburjian yang berarti tukang tenun. Nama ini turunan dari kata “Sabur”, yakni kerudung yang biasa digunakan kaum Yahudi saat berdoa di sinagoge saban Sabtu atau hari suci lain. Selendang ini biasa dipakai saat sembahyang pada pagi, sore, dan malam.

Versi lain menyebutkan nama asli keluarganya adalah Sabbaghan atau tukang pengering pakaian. Secara tradisi di Iran, kedua nama ini merujuk pada profesi yang digeluti warga non-Muslim. Bukan sebuah kebetulan di kota kelahiran Ahmadinejad, Aradan, terdapat komunitas Yahudi yang menetap di sana sejak abad ke-3 sebelum Masehi.

Ahmadinejad telah mengakui soal perubahan nama marga itu pada 1950-an. Pihak keluarga beralasan penggantian ini untuk menghindari diskriminasi ketika mereka pindah ke Ibu Kota Teheran. Namun seperti dikutip The Telegraph, Ali Nurizadeh, pengamat dari Pusat Studi Arab dan Iran, mengatakan sikap anti-Israel Ahmadinejad lantaran ia ingin menyembunyikan kaitannya dengan Yahudi. “Tiap keluarga yang pindah agama mengambil identitas baru dengan mengecam agama lama mereka,” katanya.

Tapi penulis biografi Ahmadinejad, Meir Javedanfar, membantah soal itu. Dalam tulisannya di koran Guardian, ia menjelaskan ayah Ahmadinejad, Ahmad, pemuluk Syiah taat yang sudah mengajar Al-Quran sebelum Ahmadinjead lahir. Ibunya, Khanum, keturunan Nabi Muhammad dengan gelar Syarifah atau Sayyidah. Golongan ini amat dihormati di kalangan Syiah.

Isu Ahmadinejad seorang Yahudi bukan hal baru. Kelompok oposisi, termasuk ulama konservatif, memunculkan masalah ini ketika pada 2003 Ahmadinejad mencalonkan diri sebagai wali kota Teheran. Namun isu itu tidak dapat menghambat kemenangannya.

Kalaupun sangkaan itu benar, Ahmadinejad adalah seorang Yahudi baik yang berani membela rakyat Palestina dari penjajahan Israel.

Baltimore Sun/Foreign Policy/Faisal Assegaf

3 thoughts on “Kontroversi Keyahudian Ahmadinejad

  1. That is ultra orthodox jews (Kafir dzimmi), and there are many jews,christian, and zoroastrian community in iran and live in peace. So remember! NOT ALL JEWS ARE ZIONIST. That picture ussualy used by “western” propaganda TO DISUNITE all moslem in the world. WE MUST UNITE! AND KNOW, who is OUR REAL ENEMY! (you know what i mean?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s