Darah Yahudi di Tubuh Fatah

Dr Uri Davis menjadi orang Yahudi pertama yang menjadi anggota Dewan Revolusioner.

Dr Uri Davis

Sejarah tertoreh di Kota Bethlehem, Tepi Barat, Ahad lalu. Untuk pertama kali, seorang warga Yahudi terpilih sebagai anggota Dewan Revolusioner Fatah, lembaga yang bertugas mengawasi kinerja organisasi itu.

Suara tepuk tangan membahana saat juru bicara konferensi Fatah, Fauzi Salamah, mengumumkan terpilihnya Dr Uri Davis, 66 tahun. Ia bersaing dengan 700 kandidat lain memperebutkan 120 kursi Dewan Revolusioner. Anggota baru Dewan itu juga termasuk sebelas perempuan dan empat orang Kristen.

Uri memang dikenal sebagai pegiat pro-Palestina dan paling keras mengkritik Israel. Ia pernah menyerukan masyarakat internasional memboikot Negara Zionis itu. Ia tidak pernah menyebut dirinya Yahudi, namun seorang Palestina keturunan Yahudi yang anti-Zionis dan terdaftar sebagai muslim. “Itu (ideologi Zionis) melanggar Konvensi Hak Asasi karena bersifat rasis dan mengesahkan tekanan,” kata Davis.

Davis menikahi seorang perempuan Palestina. Ia melepaskan kewarganegaraan Israel pada 1980-an setelah Negara Yahudi itu menguasai Tepi Barat dan Jalur Gaza. Ia direkrut oleh pemimpin sekaligus pendiri Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Khalil Abu Wazir, yang dikenal dengan nama Abu Jihad pada era itu. Abu Jihad dibunuh pada 1988 oleh pasukan komando yang dipimpin Ehud Barak, Menteri Pertahanan Israel sekarang.

Davis mengajar Yudais di Universitas Al-Quds, Yerusalem, dan professor studi perdamaian di Universitas Bradford, Inggris. Ia mengaku mau bergabung dengan Fatah karena sejalan dengan ideologi sosialisme yang ia dukung.

Sejarah seolah berevolusi di tubuh Fatah, organisasi terbesar dalam PLO yang dibentuk 51 tahun lalu. Setelah bermutasi menjadi moderat terhadap Israel, kini Fatah mau menerima seorang Yahudi dalam kelompok mereka. “Saya memiliki paspor Israel dan Inggris, namun saya merasa sebagai orang Palestina di atas segalanya,” ujar Davis di hadapan para delegasi yang hadir.

BBC/Haaretz/Press TV/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s