Rekrutmen Istimewa Wajib Militer

Putra Netanyahu dan model bikini ternama ikut wajib militer.

Esti Ginzburg

Sejatinya, tidak ada hal luar biasa dalam wajib militer di Israel yang berlangsung saban tahun. Para rekrutmen baru masuk pada musim panas dan wajib militer ini berlaku bagi lelaki dan perempuan warga Israel yang berusia minimal 18 tahun. Seperti biasa, masa wajib militer bagi lelaki tiga tahun sedangkan perempuan hanya dua tahun.

Namun tahun ini, militer Israel (IDF) kedatangan dua rekrutmen istimewa, yakni Yair Netanyahu, putra sulung Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan model pakaian renang Esti Ginzburg. Keduanya tentu bakal menjadi pusat perhatian dan sorotan media. Bahkan, mereka mendapatkan perlakuan istimewa.

Yair, 18 tahun, akan menjadi satu-satunya serdadu wajib militer yang mendapat kawalan satu penjaga. Namun keterangan dari kantor perdana menteri menyebutkan pengawal pribadi itu tidak akan berada di dekat Yair selama ia  tinggal barak.

Tidak seperti ayah dan pamannya, Yoni, Yair tidak masuk dalam pasukan tempur. Ia bakal ditempatkan di kantor juru bicara IDF. Tentu saja, ini sangat berbeda dengan tradisi keluarganya. Netanyahu dan Yoni pernah tergabung dalam pasukan elite negara Zionis itu, Sayeret Matkal.

“Orang tua, saudara, dan seluruh keluarga Yair Netanyahu mencintai dia, bangga atas dirinya, dan berharap ia berhasil selama tugasnya di Pasukan Pertahanan Israel (IDF),” kata kantor perdana menteri dalam pernyataan tertulis.

Yair merupakan anak pertama Netanyahu dari istirnya yang sekarang, Sara. Putra bungsunya bernama Avner. Dari istir terdahulu, pemimpin garis keras dari Partai Likud itu dikarunia seorang putri bernama Noa. Netanyahu bersama Sara pada Selasa pekan lalu melepas kepergian Yair menuju pusat pelatihan di markas pusat IDF di Ramat Gan, dekat Ibu Kota Tel Aviv. Ia akan menjalani latihan dasar tiga pekan sebelum ditempatkan.

Tamu istimewa lainnya adalah Esti Ginzburg, 19 tahun. Tahun lalu, model seksi yang pernah tampil di sampul malajah Prancis, Elle, itu mendapatkan dispensasi lantaran karirnya sedang meroket. Ia mulai bergabung bersama rekrutmen barunya Rabu lalu.

Sebagai model, Ginzburg mengaku tidak masalah menjalani wajib militer. “Kewajiban telah dibebankan kepada saya untuk menunjukkan kepada semua orang hal benar untuk dilakukan,” katanya kepada surat kabar Yediot Ahronot.

Seperti Yair, ia juga memperoleh perlakuan khusus. Pihak militer menyediakan kamar mandi pribadi bagi dirinya. Ini buat mencegah ada yang mengintip atau mengambil gambarnya secara rahasia.

Meski begitu, di mata warga Israel, Yair dan Ginzburg masih lebih baik ketimbang Bar Rafaeli, model panas yang menjadi kekasih aktor Leonardo Di Caprio, dan Omer Goldman, putri mantan wakil direktur Mossad. Keduanya menolak mengikuti wajib militer.

Haaretz/Forward/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s