Terperangkap di Khan Yunis

Seorang perempuan asal Spanyol stres tidak bisa keluar dari Gaza.

Warga asing di Gaza

Dua kali dalam tiga hari, Maria Velasco berusaha keluar rumah membeli kebutuhan sehari-hari. Namun upayanya itu selalu gagal lantaran pertempuran antara tentara Israel dan pejuang Hamas di Khan Yunis, selatan Jalur Gaza.

Perempuan asal Spanyol ini menikah dengan seorang dokter Palestina. Pasangan yang sudah memiliki dua anak itu telah menetap di Khan Yunis selama 12 tahun. Alhasil, Velasco ikut merasakan penderitaan akibat blokade Israel sejak Hamas menguasai wilayah itu pada pertengahan Juni tahun lalu.

Namun, agresi Israel kali ini membuat ia frustasi dan menuding negara Zionis itu sedang melakukan genosida. Dalam 12 hari serbuan sejak 12 Desember lalu, 689 warga Palestina terbunuh, termasuk 220 anak-anak dan 58 kaum ibu. Semua jadi sasaran tembak rudal Israel, termasuk tempat pengungsian, sekolah, dan masjid.

Perempuan kelahiran Kota Sevilla itu mengaku stok bahan makanan yang ia milik sudah sangat menipis. Hanya tinggal sedikit keju, daging, dan roti. Ini belum seberapa ketimbang rasa takut yang ia rasakan sekeluarga. “”Sebagian besar daerah Khan Yunis hancur. Putra saya berumur dua tahun begitu takut mendengar suara ledakan,” kata Velasco kepada kantor berita AFP melalui telepon Selasa lalu.

Velasco adalah satu dari sekitar 400 warga asing yang masih terjebak di Gaza. Sebanyak 270 yang sudah siap keluar gagal karena sengitnya pertempuran. Sejatinya, ia sekeluarga akan cabut dari lokasi perang itu melalui perlintasan Erez di utara Gaza, ke Israel. Namun rencana itu berantakan lantaran pertempuran hebat terjadi di sekitar Jabaliyah, Bait Hanun, dan Bait Lahiya, jalur menuju Erez.

Sumber-sumber diplomatik Spanyol kepada AFP mengungkapkan pihaknya sedang mengupayakan mengeluarkan Velasco dan beberapa warga Spanyol lain dari Gaza. Velasco pun sangat berharap bisa cabut dengan cara apapun. “Saya ingin kembali ke Spanyol dan tidak akan pernah kembali ke sini,” ujarnya.

AFP/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s