Kotak Pos Tuhan

Kantor pos Yerusalem membuka kotak pos bagi Tuhan. Tapi surat hanya diantar ke Tembok Ratapan.

Surat buat Tuhan

Seorang hamba biasanya berkomunikasi dengan Tuhannya melalui doa. Namun kantor pos Yerusalem sudah mempunyai sebuah terobosan. Manusia dapat menyurati Sang Pencipta.

Kantor pos di kota suci tiga agama – Islam, Yahudi, dan Nasrani – itu membuka kotak pos bagi Tuhan. Hanya dengan menuliskan “Kepada Tuhan, Yerusalem”, petugas kantor pos akan mengirimkan surat ke alamat itu. Namun bukan ke atas langit, cukup diletakkan di antara rekahan Tembok Ratapan atau Kotel dalam bahasa Ibrani. Ini merupakan tempat suci kaum Yahudi di kompleks Masjid Al-Aqsha, Yerusalem Timur.

Kepala kantor pos Yerusalem, Avi Yavni, meyakini Tembok Ratapan adalah tempat paling dekat bagi manusia untuk bertemu Tuhan di bumi. “Kami menerima surat-surat untuk Tuhan dan karena kami tidak mempunyai alamat Dia selain Tembok Ratapan, maka surat-surat itu kami kirim ke sana,” katanya.

Saban tahun, ribuan orang berkirim surat kepada Tuhan. Hingga 9 Desember lalu, 2.000 surat sudah diantar ke Kotel. Kepala Rabbi Tembok Ratapan Shmuel Rabinovitz bersikap tegas, hanya surat beralamat benar yang akan disampaikan kepada Tuhan. Mereka dikumpulkan dalam kotak bertulisan “Surat Untuk Tuhan”.

Alhasil, banyak surat yang dikembalikan kepada pengirim meski dialamatkan kepada Yesus Kristus, Perawan Maria, dan Raja Daud. Ada juga pengirim yang ngaco karena suratnya ditujukan kepada Moshe Dayan, tokoh politik dan militer legendaris Israel yang meninggal pada 1981.

Sekitar 90 persen surat buat Tuhan berasal dari umat. Kristen. Namun Yavni mengatakan pihaknya tidak akan mengantar surat-surat itu ke Gereja Makam Suci yang juga di Yerusalem. “Mereka menulis surat kepada Tuhan, bukan ke gereja,” ia menegaskan.

Para pengirim surat Tuhan dari seantero jagat. Namun tahun ini ada surat pertama dari negara Arab. Pengirimnya orang Maroko. Ia mengganti Yerusalem dengan Quds, nama kota itu dalam bahasa Arab.

Tak peduli siapa pengirimnya, semua surat berisi permohonan kepada Tuhan. Pernah ada orang menuliskan nomor tiket loterenya dengan harapan Yang Maha Kuasa menjadikan ia sebagai pemenang. Seorang lelaki dari Rusia menuliskan doanya agar menjadi artis Hollywood. Ada juga suami yang mengharapkan almarhumah istrinya hadir dalam mimpinya walau hanya sekali.

Cuma ada satu surat pernyataan rasa syukur yang diterima pada bulan lalu. “Ia (pengirim) berterima kasih kepada Tuhan atas apa yang ia miliki. Ia sudah mempunyai istri, rumah, dan pekerjaan yang baik,” kata Yavni.

Andaikan Tuhan berkenan membalas, boleh jadi kurang dari satu kedipan mata, ribuan orang sudah menerima surat jawaban.

Guardian/Telegraph/Faisal Assegaf

6 thoughts on “Kotak Pos Tuhan

  1. Dippikir di terima kali tuh doa.y mau sampe nungguin jungkirbalik.. sudut gak akan di kabulin…. tukang jagal, perampas kebebasan hak muslimin… neraka tempat.y….. dan siap2 semua.y bakal rasain penderitaan yg sama kaya ariel sharon….. amin2 yaa Allah….

  2. Marilah kita doakan Yerusalem sebagai kota suci bagi ketiga komunitas umat TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub (Yahudi – Kristen – Islam) yg diberkati dan dirahmati Allah, kiranya diberi ketenangan kedamaian kesejahteraan di sana, sebagaimana Nabi Ibrahim/Bapa Abraham berdoa yg diterangkan di dalam Kitab Suci Alqur’an demikian:
    – “Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman, dan jauhkanlah aku beserta anak cucuku daripada menyembah berhala-berhala.
    – Ya Tuhanku, sesungguhnya berhala-berhala itu telah menyesatkan kebanyakan daripada manusia, maka barangsiapa yg mengikutiku, maka sesungguhnya orang-orang itu termasuk golonganku, dan barangsiapa yg mendurhakaiku, maka sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
    – Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian turunanku di lembah yg tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah-Mu (Baitullah) yg dihormati, ya Tuhan kami, (yg demikian itu) agar mereka mendirikan salat, maka jadikanlah hati manusia cenderung kepada mereka, dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.
    – Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yg kami sembunyikan dan apa yg kami nyatakan, dan tidak ada sesuatu pun yg tersembunyi bagi Allah baik yg ada di bumi maupun yg ada di langit.
    – Segala puji bagi Allah yg telah menganugerahkan kepadaku Ismail dan Ishak di hari tuaku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Mendengar (memperkenankan) doa.
    – Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yg mendirikan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.
    – Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan ibu bapakku serta orang-orang mukmin pada hari terjadi hisab (akhirat).” (Alqur’an 14:35-41) Maha Benar Allah dengan segala firman-Nya, ……….
    Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

  3. Saudara-saudaraku dan teman-temanku dari ketiga komunitas umat Tuhan Allah semesta alam (Yahudi – Kristen – Islam) marilah kita bangun kembali kota Yerusalem menjadi ‘kota suci’, ‘kota terpuji’, ‘kota yg dicari’, ‘kota yg dirindukan’, ‘kota Tuhan’, ‘kota yg aman’, ‘kota yg damai’, ‘kota yg sentosa/sejahtera’, ……..dll nama yg baik, nama yg diberkati, nama yg dirahmati oleh TUHAN Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub serta Isa/Yesus dan Muhammad saw, ……..
    Marilah kita bangun kembali ‘Bait Suci Ketiga’ menjadi ‘Rumah Doa Bagi Segala Bangsa’, dan juga menjadi Ka’bah bagi umat Yahudi seperti dahulu kala, pada waktu Nabi Sulaiman/Raja Salomo putera Nabi Daud/Raja Daud membangun Bait Suci Allah di sana,………
    Biarlah umat-umat-Nya dari belahan dunia timur (Islam) bisa salat dengan berdiri bertekuk lutut dan bersembah sujud di sana, serta membawa korban-korban sembelihan dari kambing/domba sapi/lembu unta yg menyenangkan Tuhan di sana………
    Dan umat-umat-Nya dari belahan bumi bagian barat (Kristen) bisa berdoa dengan berdiri mengucap syukur memuji Tuhan dengan mempersembahkan persepuluhannya untuk Bait Suci Ketiga di sana, ……..
    Dan umat Yahudi bisa mempersembahkan korban wangi-wangian/harum-haruman untuk Tuhan Allah semesta alam, Yg Maha Pengasih dan Maha Penyayang Allah Abraham/Ibrahim dan Israel/Yakub, Allah semua makhluk agar semua umat-umat-Nya bisa disucikan/dikuduskan di sana ………
    Maka marilah kita memohon ampun dan bertobat kepada-Nya karena kira semua telah menyakiti hati-Nya, ……… Maka biarlah Dia melimpahkan hujan rahmat dan berkat-Nya kepada kita semua agar supaya Gunung Suci Sion/Yerusalem bisa mengalirkan air-Nya yg suci/bening/bersih yg bisa kita minum dengan segarnya, ……. Dan bisa mengalirkan sungai susu-Nya yg bisa mengenyangkan perut kita, …….. Bisa mengalirkan sungai madu-Nya yg bisa mengobati segala macam penyakit kita, …….. Serta bisa mengalirkan sungai anggur-Nya yg membuat jiwa-jiwa kita segar dan hidup kembali, ……… Bukankah ini adalah gambaran ‘Yerusalem Sorgawi’ yg diturunkan di muka bumi untuk menghidupkan dan menghijaukan bumi-Nya kembali, …….. Amin – Puji Allah – Allah Maha Besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s