Hizbullah Tunjuk Calon Pengganti Nasrallah

Surat kabar Iran Khursyid pada Senin lalu melaporkan Hizbullah telah menunjuk calon pengganti Hassan Nasrallah, 48 tahun. Namanya Hasyim Syafii ad-Din yang merupakan sepupu Nasrallah. Hanya saja belum ada rincian soal data pribadinya.

Penunjukkan ini untuk mengantisipasi terbunuhnya Nasrallah berkuasa sejak pemimpin Hizbullah Abbas al-Musawi terbunuh oleh rudal helikopter Israel pada 1992. Militer Israel dan Mossad (dinas rahasia luar negeri Israel) memang sudah menyatakan Nasrallah sebagai musuh nomor satu mereka.

Bahkan negara Zionis itu diyakini terlibat dalam pembunuhan Imad Mughniyah, salah satu komandan senior Hizbullah. Ia terbunuh pada Februari lalu dalam serangan bom mobil di Ibu Kota Damaskus, Suriah. Harian Italia, Corriere dela Serra, melaporkan posisi Mughniyah sudah diisi oleh Muhammad Riza Zahdi alias Hassan Mahdawi pada bulan ini.

Alhasil, tulis kora Khursyid, jika Nasrallah juga terbunuh itu tidak akan melemahkan mental pejuang Hizbullah karena sudah ada calon pengganti. Hizbullah yang merupakan kelompok Syiah paling berkuasa di Libanon Selatan ini memang sangat anti terhadap Israel. Namun negara Yahudi itu tidak pernah mampu melumpuhkan Hizbullah yang mereka yakini mendapat sokongan Iran dan Suriah. Hizbullah mampu mengalahkan Israel dalam perang 34 hari, Juli 2006.

Nasrallah sadar nyawanya terancam, tapi ia memperingatkan Israel. “Kami tahu kalian sedang merencanakan pembunuhan baru terhadap pimpinan Hizbullah. Namun ini tidak akan membuat kami mundur,” Nasrallah menegaskan dalam pidatonya memperingati dua tahun kemenangan perang atas Israel, Agustus lalu.

Al-Bawaba/Al-Arabia/Yediot Ahronot/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s