Ehud Olmert Mundur

Perdana Menteri Israel Ehud Olmert hari ini menyatakan berhenti dari jabatannya sebagai kepala pemerintahan.

“Saya telah memutuskan mengakhiri tugas saya sebagai perdana menteri Israel,” kata Olmert dalam rapat kabinet mingguan di Yerusalem. Ia berharap Tzipi Livni, ketua Partai Kadima yang baru terpilih Rabu lalu dapat membentuk pemerintahan koalisi.

Ia pernah menyatakan niat itu pada 30 Juli lantaran desakan mundur setelah menerima uang suap US$ 150.000 dari pengusaha Amerika Serikat keturunan Yahudi, Morris Talansky. Polisi masih memeriksa Olmert dalam kasus ini. Popularitasnya memang sudah merosot sejak kekalahan Israel dari Hizbullah dalam Perang Juli 2006.

Olmert yang resmi menggantikan Ariel Sharon sejak 4 Mei 2006 harus menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi kepada Presiden Shimon Peres yang pekan ini bakal bertolak ke New York, Amerika Serikat, menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Lelaki yang akan berusia 53 tahun pada akhir bulan ini selanjutnya menjadi penjabat perdana menteri hingga Livni berhasi membentuk pemerintahan baru. Sesuai aturan, perempuan 50 tahun itu memiliki waktu 42 hari.

Tampaknya, Livni akan menemui kesulitan. Menteri Pertahanan sekaligus pemimpin Partai Buruh, Ehud Barak telah bersepakat membentuk pemerintahan koalisi bersama pemimpin oposisi dari Partai Likud, Binyamin Netanyahu.

Sejauh ini, kedua bekas perdana menteri itu akan bergabung dengan pemimpin Partai Shas, Eli Yishai, sehingga menguasai 43 dari 120 kursi di Knesset (parlemen Israel). Sedangkan Kadima hanya mempunyai 29 kursi.

Kesepakatan itu menyebutkan Netanyahu akan menjadi perdana menteri sementara hingga pemilihan umum digelar pada akhir tahun depan atau paling lambat 2010. Selepas itu, giliran Barak memimpin dua tahun lalu diserahkan kembali kepada Netanyahu untuk dua tahun berikutnya. Pergantian kekuasaan macam ini pernah berlangsung pada 1980-an antara Yitzhak Sahmir dari Likud dan Shimon Peres dari Buruh.

AFP/Debka/Washington Post/Faisal Assegaf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s