Ipar Obama Seorang Rabbi

Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Barack Hussein Obama, ternyata memiliki keluarga seorang rabbi Yahudi.

Namanya Rabbi Capers C. Funnye Jr. yang memimpin jemaat Yahudi Ethiopia di kawasan Taman Marquette, Chicago. Ia merupakan sepupu dari Michele, istri Obama. Kakek Michele dari ayah adalah kakak dari ibu Funnye.

Namun Obama selalu merahasiakan itu. Ia tidak pernah menyebutkan soal Funnye selama masa kampanye pemilihan presiden meski banyak orang pada awalnya meragukan komitmen Obama terhadap Israel.

Funnye mengatakan ia tidak pernah dilibatkan dalam kampanye Obama. Tapi ia memberikan sumbangan bagi dana kampanye saudara iparnya itu. “Saya sangat senang dan bangga atas apa yang telah mereka raih sejauh ini,” kata rabbi 56 tahun ini kepada the Associated Press.

Saat masih kecil, Funnye dan keluarga Michele Obama saling mengunjungi hampir saban bulan. Ibu Funnye dan ayah Michele yang usianya sebaya mempunyai hubungan baik. Mereka tidak pernah bertemu lagi sejak Funnye menghadiri pernikahan Michele pada 1992. Keduanya baru berjumpa lagi sepuluh tahun lalu ketika Funnye bekerja di sebuah organisasi soasial dekat Universitas Chicago, tempat Michele bekerja.

Funnye mengaku sempat bertemu Obama sebelum menikah dengan Michele. “Ia sangat perhatian, sedikit kurus, dan amat tulus,” ujarnya. Ia kadang melihat Obama di acara keluarga. Namun kandidat presiden kulit hitam pertama Amerika itu tidak pernah datang ke sinagog Beth Shalom B’nai Zaken yang dipimpin Funnye.

Menurut juru bicara Michele, Katie McCormick Lelyveld, Obama tidak mempublikasikan hubungannya dengan Funnye lantaran menghormati rahasia keluarga besarnya. Surat kabar Yahudi, The Forward, yang pertama kali menulis soal itu. “Itu sangat mengejutkan saya,” kata Ira Forman, direktur eksekutif Dewan Demokrat Yahudi Nasional (NJDC).

Associated Press/Faisal Assegaf

3 thoughts on “Ipar Obama Seorang Rabbi

  1. ya enggak apa-apa lah, yang penting kekuasanya jangan dijadikan ajang tangan besi atas negara lain, seperti halnya George Bush sekeluarga, mudah-mudahan barack obama lebih bijak aja dalam segala hal, terutama malasah israel yang sok berkuasa, makasih.

  2. Harapan Anda dan kita semua tampaknya tidak akan tercapai. Berkali-kali Obama menyatakan bakal terus mendukung Israel.

    Itu ia ungkapkan antara lain pada pidato kemenangan konvensi Demokrat di depan anggota American Israeli Public Affairs Committee (AIPAC, sebuah lembaga lobi Yahudi terbesar di Amerika Serikat.

    Saat berkunjung ke Tembok Ratapan ketika waktu Subuh, Obama juga menegaskan kembali dukungannya terhadap keamanan Israel. Ia juga menyatakan Iran yang merupakan musuh Israel sebagai ancaman bagi perdamaian dunia.

    Jadi, siapapun presiden Amerika, Israel adalah kepentingannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s