Pemimpin Hamas Hadiri Resepsi Kemerdekaan Indonesia

Kepala Biro Politik Hamas di Suriah, Khalid Misya’al, kemarin malam waktu setempat (Rabu dinihari waktu Jakarta) menghadiri resepsi perayaan kemerdekaan Indonesia ke-63. Acara ini diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Damaskus, Suriah.

Ini merupakan kali kedua Misya’al menghadiri acara itu setelah peringatan serupa tahun lalu. “Pengamanannya sangat ketat,” kata sumber Tempo yang dekat dengan Hamas melalui telepon selulernya.

Resepsi ini berlangsung di Muayyat Ballroom, lantai dasar Hotel Sheraton. Lokasinya di kawasan Mezze, jantung Ibu Kota Damaskus. Sekitar 350 undangan datang, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mikdad. Acara berlangsung mulai 20.30 – 22.30.

Misya’al tiba di lokasi pukul 21.00 dengan kawalan empat mobil. Ia menumpang Mercedes Benz hitam. Sejam sebelum ia datang, puluhan pengawal buronan nomor satu Israel itu sudah menjaga ketat di sekitar hotel dan tempat resepsi. Mereka berpakaian sipil. Lima pengawal khusus selalu berada di dekat dia.

Duta Besar Indonesia untuk Suriah Muzammil Basyuni menyambut langsung kedatangan Misya’al. Keduanya bersalaman dan saling mencium pipi seperti kebiasaan orang Arab. Hanya saja, Misya’al tidak menyampaiakn sambutan karena memang tidak diagendakan.

Ia sekadar menyatakan penghargaan atas konsistensi pemerintah dan rakyat Indonesia membantu perjuangan rakyat Palestina. “Sebagai negara Islam terbesar di dunia dengan potensi besar pula, saya berharap Indonesia dapat memainkan peran lebih besar dalam membantu rakyat Palestina mencapai negara merdeka,” ujar Misya’al.

Misya’al hanya 45 menit di sana. Ia sempat tertarik dan menanyakan bahan pembuat nasi tumpeng. Meski begitu, ia tidak sempat mencicipi menu khas Indonesia itu. Yang pasti, kehadiran Misya’al menyedot perhatian undangan. “Karena orangnya sangat ramah dan simpatik,” kata sumber Tempo.

Faisal Assegaf

One thought on “Pemimpin Hamas Hadiri Resepsi Kemerdekaan Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s