Bom Bunuh Diri Hantam Israel

Bom bunuh diri di Israel

Sedikitnya tiga orang tewas, termasuk seorang perempuan, dan sebelas lainnya luka akibat serangan bom bunuh diri di Kota Dimona, selatan Israel, kemarin.

Insiden itu terjadi di sebuah pusat belanja pada 10.30 atau 15.30 WIB. “Setidaknya tiga orang meninggal. Sepuluh lainnya luka, tiga di antaranya serius,” kata Magen David Adom, petugas medis. Polisi dan tim penyelamat Israel mengatakan hanya seorang pelaku yang berhasil meledakkan diri. Sedangkan satu lagi berhasil ditembak mati. Sebuah bom yang belum meledak ditemukan di lokasi.

Brigade Martir Al-Aqsha yang merupakan sayap militer kelompok Fatah mengaku bertanggung jawab atas kejadian itu. Menurut Abu al-Walid, pejabat senior Brigade Aqsha, aksi itu dilakukan bersama Barisan Ralyat untuk Pembebasan Palestina (PFLP) dan Brigade Perlawanan Bersatu, sebuah kelompok yang tidak sebelumnya tidak dikenal.

Ini merupakan bom bunuh diri pertama setelah serangan serupa Januari tahun lalu. Ketika itu seorang pelaku meldakkan diri di sebuah toko roti di kawasan wisata Eilat, tepi Laut Merah, yang menewaskan tiga orang. Pada April 2006, sebelas orang tewas di Tel Aviv akibat bom bunuh diri. Kelompok Jihad Islam mengaku bertanggung jawab atas insiden itu.

Pihak Hamas memuji serangan itu. “Tindakan kepahlawanan ini adalah respon alami terhadap kejahatan penjajahan dan blokade terhadap bangsa kami,” kata Sami Abu Zuhri, juru bicara Hamas kepada AFP. Kelompok yang menguasai Jalur Gaza sejak pertengahan Juni lalu itu juga merestui dan menyerukan agar bom bunuh diri terus dilakukan.

Ketika perbatasan Rafah yang memisahkan Jalur Gaza dan Mesir dirobohkan dua pekan lalu, Israel mengkhawatirkan pejuang Palestina bisa menyusup lewat semenanjung Sinai yang membatasi Mesir dengan Israel. “Shin Beth (dinas rahasia dalam negeri Israel) telah mengidentifikasi ada 30 jalur untuk memasuki Israel dari Sinai ke Negev,” kata Direktur Shin Beth Yuval Diskin kepada Knesset seperti dikutip seorang pejabat pemerintah.

Negara Zionis itu pun langsung melancarkan serangan balasan ke Jalur Gaza. Para saksi mata dan petugas medis mengatakan serbuan itu telah membunuh Amir al-Qarmut, 30 tahun, salah seorang pemimpin senior Komite Perlawanan Rakyat (PRC). Ia tewas saat mengendarai mobilnya di Kota Bait Lahiya, utara Gaza. Sedangkan seorang keponakannya luka dalam insiden itu. PRC merupakan salah satu dari sekian kelompok pejuang Palestina yang mengaku bertanggung jawab dalam serangan bunuh diri hari ini.

Tewasnya Al-Qarmut menambah jumlah korban menjadi 150 sejak Konferensi Annapolis, November tahun lalu. Jika dihitung sejak intifadah kedua, Setember 2000, korban tewas 6.111, kebanyakan warga Palestina.

AFP/Faisal Assegaf

6 thoughts on “Bom Bunuh Diri Hantam Israel

  1. Waduh..!! mas Assegaf,
    Bunuh diri koq jadi pahlawan ya..?? sejak kapan Islam menghalalkan model Jihad macam ini..? setahu saya hanya para Wahabi yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuanya..! selain mereka tidak.

  2. wah mas demiq, dalam islam, kalo tanah air dijajah, yah boleh lah melakukan perlawanan dengan cara apapun. Termasuk dengan bom bunuh diri. Yang enggak boleh itu, kalau melakukan bom bunuh diri bukan buat ngelawan penjajah dan penindas bangsa. Yah, samalah kaya orang indonesia jaman dulu melawan penjajah Belanda, pake bambu runcing. hehehe. emangnya kalau bangsa dan negara kita ditindas dan dijajah bangsa lain, enggak boleh ngelawan? cuma caranya aja yang beda-beda.

    Anda tahu kan Israel masih menjajah dan berlaku kejam pada bangsa Palestina. So, hak mereka untuk melakukan perlawanan dan membela diri dengan cara apapun terhadap Zionis Israel si penjajah dna penindas itu.

  3. Buat Mas Demi dan Mbak Lena,

    Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Menurut saya, bom bunuh diri itu haram hukumnya karena bunuh diri itu termasuk dosa besar. Meski tujuannya baik. Islam mengajarkan tiap niat yang baik harus dilakukan dengan cara yang baik. Jadi niat melawan Israel juga harus berjuang dengan cara yang halal. Maswih banyak cara lain, seperti perang konvensional atau kalau bisa berunding.

    Bunuh diri juga haram karena Israel mengajarkan tiap orang wajiab mendahulukan keselatamannya nyawanya. Bahkan ada satu cerita seorang muslim terpaksa berbohong dan bilang dirinya kristen karena diancam dibunuh.

  4. Faisal, bom bunuh diri bukan berarti orang yang melakukannya memang ingin bunuh diri. Jadi tolong dibedakan. Islam memang jelas mengharamkan tindakan bunuh diri. Tapi bom bunuh diri sebagai bentuk perlawanan terhadap penjajah, menurut saya aspeknya beda. Sehingga Syaik Yusuf Qardhawi pun mengatakan, tindakan meledakkan bom yg dipasang/dikenakan oleh orang, baru bisa dikatakan jihad, jika dilakukan di medan perang…untuk melawan persenjataan/pasukan yg tidak berimbang, sebagaimana yg dilakukan oleh para syuhada Palestina di Jalur Gaza dan Tepi Barat, melawan penjajah Israel.

  5. setuju mba lena. untuk mas faisal baca dulu lebih rinci arti dari bunuh diri itu haram,jika karena prustasi di tinggal pacar,nga punya uang,dan sebagainya baru haram,perlawanan mereka adalah perlawanan yang murni,demi kemerdekaan sebuah bangsa mereka. hati-hati loh bicara masalah haram

  6. Buat lena dan Avrian,
    Semua amal tergantung niat. Namun niat baik juga dilaksanakan dengan baik. Jadi meski bom bunuh diri itu niatnya untuk membunuh musuh tapi caranya salah karena membunuh diri lebih dulu untuk membunuh musuh. Selain itu niat sendiri sudah bunuh diri untuk membunuh musuh. Jadi bagi saya bom bunuh diri haram hukumnya.

    Alangkah ksatrianya warga Palestina meski dengan senjata pas-pasan berani emnghadapi tentara Israel. Matinya pun syahid. Ia bakal dipuja sedangkan tentara Israel akan dicemooh karena hanya berani menghadapi musuh tak seimbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s