Merapat ke Tembok Ratapan

Obama berdoa di Tembok Ratapan ketika warga muslim salat subuh di Masjid Al-Aqsha.

Strategi paling jitu mendekati satu kaum yakni mengikuti perilaku mereka, termasuk cara bersembahyang. Calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Barack Hussein Obama, pun menyadari taktik semacam ini dapat digunakan untuk meyakinkan para pemilih Yahudi.

Karena itu, di hari terakhir lawatannya ke Israel pada Kamis dua pekan lalu, ia mengunjungi Tembok Ratapan atau Kotel dalam bahasa Ibrani yang sangat disucikan oleh bangsa Yahudi. Tempat suci ini berada di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsha, Yerusalem Timur.

Bukan sekadar datang seperti wisatawan. Meski penganut Kristiani, kandidat presiden kulit hitam pertama Amerika ini hadir untuk berdoa. Ia mengenakan kippa (peci khas Yahudi) berwarna putih dan didampingi Rabbi Shmuel Rabinowitz yang berwenang atas Tembok Ratapan. Bersama istrinya, Michele, Obama selama sepuluh menit membaca Psalm 122 yang merupakan doa demi kedamaian Yerusalem.

Kota suci bagi tiga agama – Islam, Yahudi, dan Nasrani – ini memang menjadi rebutan. Palestina ingin negaranya nanti beribu kota di sana. Namun Israel sudah menetapkan Yerusalem yang mereka rebut setelah Perang Enam Hari 1967 sebagai ibu kota abadi mereka dan tidak dapat dibagi dua melalui Hukum Dasar Yerusalem yang disahkan Knesset (parlemen Israel) pada 1980.

Seperti kebiasaan, ia memasukkan gulungan kertas berisi doa di antara rekahan tembok. Namun doa seharusnya rahasia itu bocor ke publik setelah seorang pelajar seminari Yahudi bernama depan Aleph mengambil dan menyerahkan doa Obama ke surat kabar Maariv.

Isinya: “Tuhan, lindungi saya dan keluarga. Ampuni dosa-dosa saya dan bantulah saya menghadapi kebanggaan dan keputusasaan. Berikan saya kearifan untuk berbuat benar dan adil. Jadikan saya alat untuk mencapai kehendak-Mu.”

Sejatinya, demi kerahasiaan doa peziarah, dua kali setahun gulungan kertas di Tembok Ratapan dipindahkan ke tempat dirahasiakan. Waktunya menjelang peringatan hari suci Rosh Hasanah dan Paskah.

Tentu saja, tersiarnya doa Obama itu membuat otoritas keagamaan Yahudi kebakaran jenggot. Rabbi Rabinowitz menulis surat maaf kepada senator Illinois itu. “Tuhan melarang seseorang membaca doa orang lain,” katanya. Aleph yang ketakutan juga bertobat lewat stasiun televisi Channel 2.

Pengacara Yerusalem, Shahar Alon, meminta Jaksa Agung Menachem Mazuz memerintahkan polisi menyelidiki kasus ini. “Dengan menyebarluaskan ke masyarakat, Maariv telah melanggar hukum dan hak dasar soal kehormatan dan kebebasan seseorang,” Alon menegaskan.

Sebab itu, ia menyerukan boikot sampai koran itu meminta maaf. Namun pihak Maariv membela diri. Mereka bilang Obama menyerahkan doanya ke media setelah meninggalkan tempatnya menginap di Hotel King David, Yerusalem. “Karena Obama bukan Yahudi, tidak ada pelanggaran hak.”

Tapi Obama tak peduli atas kontroversi itu. Yang penting, kaum Yahudi lebih tertarik kepada dia ketimbang pesaingnya, John McCain dari kubu Republik. Karena itu, ia juga berkampanye di Tembok Ratapan. “Kami akan terus menjamin keamanan Israel karena Israel sahabat sejati kami,” katanya.

Para peziarah pun sangat antusias melihat kunjungan Obama. Sampai-sampai perempuan yang berdoa di sebelah lain tembok berdiri di atas kursi untuk melihat lebih dekat. Mereka juga berebutan menyalami lelaki baru berulang tahun ke-47 pada Senin lalu itu. Bahkan seorang pegiat sayap kanan, Itamar Ben-Gvir, berteriak, “Yerusalem bukan untuk dijual!”

Yang pasti, Obama kembali menyakiti perasaan orang-orang Arab dan muslim, kalangan yang pernah dekat sebelum ia menjadi senator. Bayangkan saja, ia tiba pukul 05.00 di Tembok Ratapan ketika warga muslim salat subuh di Masjid Al-Aqsha.

Arutz Sheva/Haaretz/Maariv/Faisal Assegaf

About these ads

44 thoughts on “Merapat ke Tembok Ratapan

  1. Dasyat dapet aja ceritanya. Intinya memang siapapun Presidennya tetap saja mereka membela israel,karena israel yang membiayai Amerika. Jadi ga mungkin la yau kalau Amerika menegakkan keadilan

  2. Dear Maya,

    Yang elo bilang itu benar. Asal tahu aja, lebih 60 persen dana kampnye Demokratdibiayai oleh pelobi Yahudi. Jadi siapaun presiden Amerika, kepentingannya tetap Israel. Soal ini gw tulis di opini berjudul “Sikap Obama terhadap israel”

  3. jauh lebih baik kalau bicara itu dengan sumber yang benar (60% atau “110%” dana itu).
    Tanah itu (Yerusalem) memang awal & peruntukkannya milik bangsa Israel, bukan bangsa Arab..bahkan sebelum raja Nebukadnezar berkuasa…Try to think objective guys!

  4. Yerusalem sudah ditetapkan di bawah perlindungan hukum internasional. Jadi belum diputuskan apakah Israel atau Palestina yang berhak memilikinya.

    Namun dengan serakah Israel mengklaim kota itu sebagai ibu kota abadinya dan tidak dapat dipisahkan lewat Jerusalem Basic Law yang disahkan Knesset (parlemen Israel) pada 1980.

  5. wah …wong ada orang berdoa kok di tuduh berpolitik …..? wah repot neh…kalau ada yang ke israel lalu selalu di tuduh pendukung gimana duonk…..????!!

    Kalu suatu hari kelak tiba-tiba pesawat kepresidenan kita mendadak harus mendarat darurat ke Isrel karena badai pasir besar di sono…….apa langsung juga ada vonis…bahwa RI 1 pro Israel…ini aneh lah….buat saya penyelesaian konflik politik itu bisa kita pandang dari kaca mata yang sederhana ….saja. jangan terlalu ruwet dhn mengkaitkan ke hal-hal yang lain.

    Saya pun heran di masyarakat kita pun stigma bahwa ORANG KRISTEN = ISRAEL pun berkembang luas ….ini kita mau jadi bangsa yang bagai mana jika ” WE NOT BECOME CIVILIZED AND TRY TO LEARN SPEAK BY ACURATE DATA.

    SANGATLAH NAIF JIKA PERBEDAAN DIANTARA KITA HARUS DISELESAIKAN DENGAN HOMOGENITAS …. ?!!

    MARI KITA SALING HIDUP DAMAI

  6. Saya sependapat dengan Anda bahwa penyelesaian konflik Palestina dan Israel harus diselesaikan secara damai. Namun faktanya, Israel punya senjata jauh lebih canggih dan kuat ketimbang yang dimiliki rakyat Palestina.

    Negara Zionis itu juga mampu menciptakan opini publik sehingga pembantaian yang mereka lakukan terhadap rakyat Palestina tidak mendapat kecaman. Setidaknya, hingga saat ini ada sekitar 200 Resolusi Dewan Keamanan PBB yang diveto Amerika Serikat lantaran mengecam tindakan Israel.

    Penyelesaian Palestina ini tanggung jawab seluruh masyarakat dunia. Jadi tidak akan berhasil tanpa campur tangan komunitas internasional yang mau bertindak adil.

    Soal Obama berdoa di Tembok Ratapan, jelas itu menyakiti komunitas muslim karena mereka sangat berharap kepada Obama.

  7. Tapi itu hanya akan terjadi jika umat Islam seluruh dunia bersatu. Boleh dibilang sangat mustahil karena semuanya sudah terpecah dalam kepentingan nasional masing-masing negara.

  8. banyak orang islam di indonesia yang pola pokirnya telah di racun oleh zionis. kurang pemahaman terhadap islam. tidak ada rasa sakit melihat saudara se-islam-nya di palestina di bantai. malah cenderung membela setan penjajah… bahkan mungkin non muslim yang memakai nama islam. siapapun pembela kebijakan AS dan yahudi yang mendzolimi islam adalah musuh Alloh SWT. takutlah akan itu….

  9. Israel tak punya hati nurani terutama untuk bangsa Palestina (Islam), saya berpendapat Israel / yahudi mari umat Islam bersatu untuk memerangi Israel.

    PESAN UNTUK ISRAEL:
    Bertobatlah sebelum ALLAH mengutuk
    Atau bangsa Israel boleh hidup didunia ini tetapi menempati daerah KUTUB…….
    Biarlah Bangsa Palestina menempati daerahnya

  10. Israel tak punya hati nurani terutama untuk bangsa Palestina (Islam), saya berpendapat Israel / yahudi tak layak hidup dijaman kebebasan ini.
    Mari umat Islam bersatu untuk memerangi Israel.

    PESAN UNTUK ISRAEL:
    Bertobatlah sebelum ALLAH mengutuk
    Atau bangsa Israel boleh hidup didunia ini tetapi menempati daerah KUTUB…….
    Biarlah Bangsa Palestina menempati daerahnya

  11. memang awalnya tanah palestine peruntukannya bangsa israel.
    tetapi mereka telah diusir dari tanah tersebut karena ketamakan dan keserakahannya. juga karena ketidakmauan mereka menyembah Allah SWT.

    huhhh…
    kita semua telah berada di akhir jaman.
    ga akan lama lagi bangsa yahudi juga musnah.
    semua bisa kita lihat tentang bani israil di al-qur’an..

    semoga kaum muslim selalu dilindungi Allah SWT.
    aminn..

  12. Umat Islam memang perlu pemimpin seperti Ahmadinejad yang berani bersikap tegas terhadap dominasi Amerika dan Zionis. Bukan pemimpin banci seperti yang terjadi saat ini. Mereka diam ketika Israel membombardir Gaza

  13. tidak ada bukti historis Yerusalem milik bangsa Arab…Perilaku nomaden Arab selama tinggal di Yerusalem membuat daerah tersebut miskin dan kotor…
    Tidak ada bukti ontentik bahwa PLO memasukkan kata-kata Yersualem dalam piagam PLO-nya
    Israel hanya kembali untuk mengambil apa yang menjadi miliknya tanah kanaan
    berkaitan dengan kunjungan Obama ke Wailing Wall mau jam berapa kek…itu bukan urusan pihak lain…………
    itu hak siapapun dan kapanpun untuk berkunjung dan berdoa di tempat tersebut

    saya kasihan dengan sebagian orang yang mengomentari sesuatu hanya bersifat abstrak atau perasaan semata tidak didasari oleh fakta sejarah yang dapat dipertanggungjawabkan….
    tolong lebih banyak baca sumber sejarah yang benar baru beri komentar….

  14. yerusalem milik muslim setelah ditaklukkan oleh Salahuddin al ayyubi. bahkan RASULULLAH pernah berkata perang terakhir muslim dengan kafir adalah memperebutkan kota suci ini. Apakah kalian masih meragukan?

  15. mari kita bersatu….jgn kita liat dr perbedaan agama!!!!! semua agama/kitab suci mengajarkan yg baik,benar.tetapi orangnya lah yg harus di benrkan.diluruskan dan di bersihkan hati nuraninya.spy jgnslg menghujat.ok bro

  16. mengenai tanah/bangsa israel bro. itu memang sudah merupakan tanah mereka dan sudah tertulis di alkitab,bawha itu tanah perjanjian yg di berikan tuhan kepada bangsa israel setelah mereka lepas dr perbudakan raja fir’aun di mesir dan mereka adalah bangsa pilihan.

  17. Yahudi nyadar nggak ya. Mereka percaya kalo dibalik tembok ratapan itu ada Tuhan mereka. In the fact,yang ada dibalik tembok itu adalah salah satu bagian dari Masjidil Aqsa. Jadi,sebenarnya selama ini mereka memohon pada siapa? Pada Allah bukan? Hmm,semoga mereka menyadarinya.

  18. ngapain pusing2 mikirin orang antah berantah.
    mikir bangsa sendiri. yang mau segera kiamat, sono kiamat sendiri. gt aja kq repot

    • “ngapain pusing2 mikirin orang antah berantah.antah berantah..”
      Orang Bodoh hanya bisa celetuk ga berguna..semut saja mahkluk yg sering anda injak selalu bekerja sama, tidak memikirkan dirinya sendiri seperti orang bodoh yg hanya bisa Celetak-celetuk ga berguna.

  19. Ya Tuhan ampunilah mereka ne yang sama sekali gak tau dan mengerti apa yg sesungguhnya terjadi selalu umatmu/anak2mu di hina,dicaci seperti yang telah ENGKAU alami tapi kami percaya firman jadi terang bagi kami,kami siap menghadapi apa pun yang terjadi krn engkau bersama kami.lindungi juga y Tuhan bangsamu israel yg dalam peperangan/masalah kiranya engaku membuat perdamain dan bersama mereka selalu…

    pesanku ma tmn2ku semua AGAMA TAK BISA MENJAMIN KITA MENDAPATKAN HIDUP YANG KEKAL(SURGA)
    TAPI “KEPADA SIAPAKAH KITA PERCAYA”
    dan menjadi pertanyaan saya ADAKAH TUHAN YANG DI DOAKAN OLEH UMATNYA ? ADAKAH TUHAN PUNYA PENDAMPING ? ADAKAH TUHAN PUNYA ATURAN YANG KEJAM ?

    jawabanya hanya ada dalam YESUS KRISTUS yang penuh cinta dan kasih yang abadi

    GBU ALL

  20. begini bro…kalo anda hanya memiliki pengetahuan ttg israel dari satu sisi saja mendingan anda engak usah komentar….pikirin bangsa dewe…!!!!

    • waaa…sy dpt pengetahuan ttg israel dr kitab Allah SWT..Al-qur’an Nur Karim…jdnya ttp saja Israel mmg bnr2 …. gak prnh berubah.. sdh dikasih nikmat melebihi.. umat2 lainnya..Ttp saja ingkar…jdnya maaf klo sy ttp benci israel… klo antum mrh ya silahkan…I dont care…;)

  21. tuh liat, ahmadinejad… ok2 aja sama rabbi jahudi itu di taheran…..makanya mendingan lo, mikirin indonesia tercinta…..jauhhhhh lebih penting

    • “OTAK LOU PADA DIMANE HAH…” Orang Bodoh hanya bisa celetuk ga berguna..semut saja mahkluk yg sering anda injak selalu bekerja sama, tidak memikirkan dirinya sendiri seperti orang bodoh yg hanya bisa Celetak-celeyuk ga berguna.

  22. maaf gak mau komen apa2…ntar dibilang goblok…;)… yg penting ana tau gmn jahatnya bani israel/ yahudi…kisahnya ada didlm Al-Qur’an Nur Karim… jd klo antum-antum smua bela israel pun ana gak terll perduli… itu hak antum.. yg ana heran..kok tembok untuk peratapan dosa2 antum yah..emg dengar dianya…??? …^^.. trus agak sdkit ktwa…xixixix…tuhan melarang membaca doa orang lain….sory…. ..Smoga Allah SWT . sll melindungi palestina..karna hanya dialah sebaik-baik pelindung… Amin YA Rabb…^^

  23. asalam
    ga usah susah2.. liat aja dari cara israel menyerang palestina, saat tidur dilemparlah itu bom2 canggih yg diliat dr langit cantik kaya kembang api..tapi mematikan.. blum lagi mnyerang rumah sakit, sekolah anak, ibu hamil, anak kecil.. ga pandang bulu bro n sis..jangan bilang ga nonton di tv yaaaaa…
    itu memang sudah tertulis di ALQURAN bahwa mereka walaupun punya kelebihan tapi mereka serakah dan kejam. sekarang logikanya ..kalau mereka memang bangsa terpilih/ dsb yg bagus2. tapi liat dong akhlak tingkah laku pemikiran dan perbuatan mereka liat aja sendiri..srigala juga masih lebih baik dari mereka.itu FAKTA bung.. seseorang bisa aja mengklaim dirinya org baik rajin beramal dsb, tapi tingkah laku tidak mencerminkan hal tsb apa coba namanya kalau bukan munafik,pendusta??
    kalau memang israel yahudi bangsa yg BENAR..maka mereka dah menang dari kapan tauu cuy..secara senjata mereka jauuuuuuuuuuuuhhhhh lebih maju dari palestina..yg dana aja ga ada. TAPIIIIIIIII… karena mereka BUKAN bangsa yg BENAR.. mereka luar biasaaaa DZALIM.. maka tuhan agama manapun akan mengutuknya akan MENCEGAH mereka menuju KEMENANGAN.. apalagi di islam jelas2 ALLAH sudah memberitahukan bahwa TIDAK akan sampai KIAMAT yahudi akan menang..
    liat aja skarang..mereka ngabis2 dana sana sini doang sama berpolitik licik tpi ga ada hasil.. yg pasti AL aqsa akan dilindungi ALLAH smpai kiamat..just wait ..coz time will prove it..^_^ v peace and wassalam

  24. om faisal tanya, knp y Amerika keliatan takut ma Israel, kyk yg israel punya banyak uang…tapi kok pemerintah israel gk bisa memenuhi tuntutan warganya dalam pembenahan ekonomi? ini yg kaya sapa, yg miskin sapa y?

  25. Karena banyak orang Yahudi tajir menguasai semua kehidupan politik, ekonomi, dan media, di Amerika. Mereka semua berkomitmen terhadap gerakan Zionisme yang wujudnya dalam bentuk negara Israel.

  26. HARUSNYA YANG KOMEN ITU HARUS TAU FAKTA SEJARAH AGAMA DULU. ISRAEL ITU ADALAH TANAH LELUHUR BANGSA YAHUDI, YAHUDI SENDIRI ADALAH NAMA SUKU SEKALIGUS AGAMA MEREKA. TUHAN SENDIRI YANG TELAH MENYEDIAKAN TANAH ISRAEL UNTUK KAUM YAHUDI YANG DIPERBUDAK MESIR, LEWAT NABI MUSA LAH BANGSA YAHUDI DIANTAR KEMBALI KE TANAH PERJANJIAN. SALOMO JUGA YANG MEMBANGUN BAIT ALLAH YANG TEMBOKNYA DIGUNAKAN UNTUK RATAPAN. SEMUA NABI-NABI BERASAL DARI SANA. ORANG YAHUDI ADALAH ORANG2 YG TAAT AKAN KETETAPAN TUHAN, LOGO BINTANG RAJA/NABI DAUD DIPAKAI DALAM BENDERANYA. IBADAH MEREKA TAK PERNAH PUTUS. MAKAM2 NABI SELALU RAMAI MEREKA ZIARAHI BESERTA TEMPAT2 BERSEJARAH MEREKA. LALU KETIKA ADA ORANG LAIN YANG INGIN MEREBUT DAN MENGKLAIM APAKAH MEREKA TINGGAL DIAM? JUSTRU RASA CINTA DAN TAKUT AKAN TUHANLAH YANG MENYEBABKAN MEREKA TERPAKSA SEPERTI ITU. MEMPERTAHANKAN APA YANG SUDAH TUHAN BERIKAN DI MASA LALU, DAN TAK INGIN TERULANG LAGI TERBUANG DAN TERASING. LALU SIAPA YANG MENYURUH MEREBUT/MENGGANGGU KETENTRAMAN MEREKA? SUSAH PAYAH DARI ZAMAN LELUHUR MEREKA MEMPERTAHANKAN, MASAK KINI HARUS MENYERAH LAGI? TAK TANGGUNG2 TUHAN PUN MENGUTUS NABI-NABI NYA UNTUK ISRAEL. CARI KISAHNYA DI TAURAT ONLINE ATAU KITAB NASRANI PERJANJIAN LAMA SECARA ONLINE ISINYA TENTANG ZAMAN NABI2 BESAR DAN KECIL YANG TERLIBAT DALAM ISRAEL DAN SEJARAHNYA. ZAMAN UDAH MAJU MASAK CUMA PERCAYA OMONGAN TETANGGA MULU? TAPI YAHUDI BUKAN NASRANI KARENA MEREKA TIDAK MENGAKUI, JADI RUBAH DULU PERSEPSI ITU, YG JELAS SEJARAH KEDUA AGAMA TERSEBUT SAMA .RENUNGKANLAH. HARUSNYA DI TANAH YAHUDI HANYA ADA SUKU YAHUDI YANG NYAMAN DAN TENTRAM TANPA DIKECAM. KALAU INDONESIA DENGAN SUKU2 TERBESARNYA, JAWA, SUMATRA , SULAWESI DAN PAPUA DIDATANGI ORANG ASING LALU MEMINTA TANAH APAKAH KITA TINGAL DIAM, SAAT KITA MELAWAN MALAH KITA DIANGGAP KEJAM TERHADAP MEREKA? CKCKCKCKCK.. CONTOH SEPELNYA SEKARANG ADALAH PAPUA YANG DIJAJAH OLEH NEGARA SENDIRI YAITU INDONESIA, MEREKA MERASA TIDAK ADA KEADILAN DAN KESEJAHTERAAN HINGGA MEMBERONTAK.
    PIKIR DAN RENUNGKANLAH, JANGAN JADI ORANG YANG MUDAH DIKOMPORI LALU ENYALA-NYALA TAK JELAS DAN MATI SIA-SIA, JALAN PIKIRAN YANG SEMPIT DAN KEYAKINAN YG SALAH HANYA AKAN MENYUSAHKAN HIDUP ANDA SENDIRI.

  27. INTINYA HARUS DISELESAIKAN DENGAN CARA DAMAI, MANA LELUHUR ASLI DAN MANA PENDATANG HARUS SAMA-SAMA SADAR DIRI. KALAU TANAH WARISAN KITA DIKLAIM OLEH TETANGGA BAGAIMANA PERASAAN KITA? SEKALIPUN ITU TETANGGA DEKAT BAHKAN SAUDARA? PASTILAH SAKIT. APALAGI JIKA TANAH ITU MEMPUNYAI NILAI SEJARAH DAN PENGARUH YANG KUAT. HANYA MEREKA YANG BISA MERASAKAN, HANYA KAUM MEREKA DAN LELUHUR MEREKA. SEMOGA PERANG BERAKHIR. DAN ORANG-ORANG INDONESIA SUMBER DAYA MANUSIA NYA SEMAKIN MENINGKAT. SEINDAH-INDAHNYA AGAMA BILA KENYATAANNYA BOBROK DAN SALAH KAPRAH HINGGA BOM APA INDAHNYA? YANG MENYELAMATKAN BUKANLAH AGAMA TAPI PERILAKU DAN SIKAP KITA DIHADAPAN TUHAN. INDONESIA PASTI BISA, GAK MUNGKIN GAK BISA. MAU JADI NEGERI ADIDAYA? SANGAT BISA, TIADA YANG MUSTAHIL. TAPI KAPAN? ITULAH PR BERSAMA

  28. Allah telah berfirman di dalam Al-Qur’an : tidak akan senang orang yahudi dan nasrani apabila orang islam tidak mengikuti ajaran mereka…. itulah sebenarnya yang mereka targetkan demi memperpecahbelahkan ummat muslim di dunia ini… termasuk palestina… di situ banyak para Rasul yang lahir di kota suci itu… mungkin suatu hari kelak Allah akan memperlihatkannya kepada kita di akhir zaman… wallahu a’lam bissowhab….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s